Camilan Tomat Khas India Ini Dimasak Menggunakan Pasir, Seperti Ini Rasanya

Devi Setya - detikFood Jumat, 26 Nov 2021 18:00 WIB
Camilan Tomat Khas India Ini Dimasak Menggunakan Pasir, Seperti Ini Rasanya Foto: Instagram @chatoree_brothers
Jakarta -

Makanan India beberapa kali mengundang perhatian karena diolah dan disajikan dengan cara yang jorok. Kini ada tomat yang dimasak menggunakan pasir, seperti apa rasanya?

Sebuah video menunjukkan makanan India yang dimasak menggunakan pasir. Aksi masak tomat mengandalkan pasir panas ini langsung viral lantaran dianggap jorok dan menjijikan.

Dilansir dari Food NDTV (26/11) seorang pedagang kaki lima terlihat sedang sibuk memasak tomat menggunakan wajan besar. Ia bukan sedang menggoreng tomat menggunakan minyak melainkan memanggang tomat menggunakan pasir.

Camilan Tomat Khas India Ini Dimasak Menggunakan Pasir, Seperti Ini RasanyaCamilan Tomat Khas India Ini Dimasak Menggunakan Pasir, Seperti Ini Rasanya Foto: Instagram @chatoree_brothers

Tomat yang sedang dimasak ini adalah makanan khas bernama Bhuna Aloo yang banyak dijajakan sebagai camilan. Penjual yang berlokasi di Uttar Pradesh, India ini sibuk mengaduk tomat dalam wajan berlumuran pasir.

Untuk membuat makanan ini, penjual menyiapkan tomat segar kemudian ia masukkan ke dalam wajan datar yang sudah berisi pasir panas. Selanjutnya dengan alat khusus, ia memasak tomat sambil terus diaduk hingga kulitnya kering dan mengelupas.

Proses selanjutnya, ia menyiapkan air bersih yang digunakan untuk mencuci tomat panggang pasir ini. Bagian kulit luar tomat sudah terkupas saat proses pemasakan. Sisanya adalah daging buah tomat yang berwarna merah terang.

Tomat panggang pasir ini kemudian dipotong dan disajikan dengan taburan garam dan saus kari.Penyajiannya juga unik yakni menggunakan daun sebagai alasnya.

Camilan Tomat Khas India Ini Dimasak Menggunakan Pasir, Seperti Ini RasanyaCamilan Tomat Khas India Ini Dimasak Menggunakan Pasir, Seperti Ini Rasanya Foto: Instagram @chatoree_brothers

Video yang diunggah oleh pemilik akun instagramnya @chatoree_brothers (3/11) ini sudah dilihat lebih dari 16 juta kali dan mendapat banyak komentar netizen. Banyak yang merasa jijik melihat proses pengolahan makanan ini, tak sedikit juga yang khawatir dengan efek samping usai makan tomat panggang pasir.

"Sama sekali tidak mau mencoba. Terlihat kotor dan itu adalah tomat yang diberi bumbu taburan pasir," kata netizen.

"Tomat ini memiliki konsep menyatu dengan bumi. Tapi tampaknya akan berbahaya kalau dimakan. Sisa pasir akan masuk ke perutmu," sahut netizen lainnya.

Bhuna Aloo sebenarnya dibuat menggunakan bahan baku kentang yang dimasak dengan pasir panas. Kentang dipanggang dengan cara diaduk dalam pasir. Ketika sudah matang akan dikupas sebelum disajikan.

Camilan ini terbilang populer di India, selain karena proses masaknya yang unik, banyak orang mengatakan rasa kentang panggang pasir ini lebih enak. Tapi tampaknya berbeda dengan tomat karena buah ini memiliki tekstur basah dan berair.



Simak Video "Yuk Buat Brownies Tomat, Lezat dan Pasti Sehat!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com