Jorok! Penjual Makanan Ini Cuci Piring Sekali Pakai Untuk Digunakan Lagi

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 27 Mar 2021 16:00 WIB
Jorok! Penjual Makanan Ini Cuci Piring Sekali Pakai Untuk Digunakan Lagi Foto: Zee
Jakarta -

Gunakan piring bekas sekali pakai untuk digunakan lagi. Penjual makanan kaki lima yang satu ini bikin netizen khawatir.

Kebersihan makanan masih menjadi isu yang serius di India. Banyak penjual makanan kaki lima yang masih mengabaikan protokol kesehatan. Mulai dari proses pengolahan makanan yang tidak bersih. Sampai penggunaan alat makan bekas.

Lewat video viral yang dibagikan oleh situs Zee News (26/03). Salah satu penjual makanan kaki lima di dekat stasiun kereta Pandit Deendayal Upadhyay, India, dihujani kritik dari netizen.

Baca Juga: Jijik! Ini 5 Penjual Makanan Jorok di India yang Viral di Medsos

Setelah penjual tersebut tampak sibuk mencuci piring dan sendok bekas pembeli, untuk digunakan lagi. Masalahnya peralatan makanan yang dia cuci, merupakan peralatan makan sekali pakai yang harus dibuang setelah sekali digunakan.

Jorok! Penjual Makanan Ini Cuci Piring Sekali Pakai Untuk Digunakan LagiJorok! Penjual Makanan Ini Cuci Piring Sekali Pakai Untuk Digunakan Lagi Foto: Zee

Dalam video itu terlihat salah satu penjual tengah membasuh dan membersihkan sisa makanan dari piring-piring tersebut. Video ini mengundang banyak rasa khawatir dari netizen India, yang kini semakin takut untuk membeli makanan di penjual kaki lima.

Bahkan video ini sampai mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah setempat. Di mana kedai makanan tersebut langsung ditutup selama tujuh hari, untuk dilakukan investigasi menyeluruh terkait laporan ini.

"Berapa banyak orang yang makan di sekitar stasiun sebelum menunggu kereta mereka datang? Video ini benar-benar mengkhawatirkan," komen salah satu netizen.

"Sekarang kita perlu berpikir dua kali sebelum jajan makanan di sekitar stasiun kereta," saran netizen.

Jorok! Penjual Makanan Ini Cuci Piring Sekali Pakai Untuk Digunakan LagiJorok! Penjual Makanan Ini Cuci Piring Sekali Pakai Untuk Digunakan Lagi Foto: Zee

"Jika piring bekas saja mereka gunakan kembali. Jangan-jangan sisa makanan yang tidak habis pun mereka jual lagi pembeli lainnya," tulis netizen lainnya.

"Bayangkan jika orang yang menggunakan piring sebelum kita ternyata memiliki penyakit menular. Siapa yang akan bertanggung jawab di tengah masa pandemi seperti ini?" kritik netizen.

Sebelumnya kasus serupa juga pernah terjadi di India. Lewat video yang tersebar di media sosial, seorang petugas kereta api di sana terlihat tengah mencuci peralatan makanan.

Namun yang membuat orang-orang merasa jijik. Petugas tersebut mencuci piring menggunakan air toilet, dekat dengan lubang WC yang tentu saja kotor dan tidak higienis. Karena video ini banyak penumpang di India yang tak mau lagi memesan makanan di dalam kereta.

Baca Juga: Hii..! Petugas Kereta Ini Cuci Peralatan Makan Dekat Lubang WC



Simak Video "Liga Satu Siap Digelar, Erick Thohir: Jangan Sampai Lupakan Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com