ADVERTISEMENT

5 Alat Dapur Ini Bikin Masak Lebih Efektif, Jangan Dianggap Sepele!

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 17 Sep 2022 10:05 WIB
7 Jenis Pisau Dapur Berdasarkan Kegunaan Spesifiknya.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Kegiatan di dapur mungkin akan sangat menyibukkan. Untuk membuatnya lebih efektif dan efisien, kamu bisa mencoba 5 alat ini yang sifatnya membuat pekerjaan di dapur lebih mudah!

Ketika masak di dapur, keadaan menjadi sangat sibuk, ditambah dengan barang-barang dan bahan yang sering berserakan.

Kondisi ini tentu akan membuat pekerjaan di dapur menjadi lama. Terlebih, ada tugas tambahan yang harus dilakukan yaitu membersihkan keadaan dapur yang berantakan.

Mungkin bagi sebagian orang, hal ini bukan menjadi masalah. Tetapi bagi mereka yang tidak punya waktu banyak di dapur, kekacauan di dapur tentu menyita perhatian.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat kegiatan masak di dapur menjadi lebih efisien. Salah satunya dengan memilih alat masak yang memiliki fungsi praktis.

Pemilihan alat masak menjadi penting untuk meningkatkan efisiensi dan menghemat dapur. Berikut 5 alat masak dapur yang bisa digunakan sehari-hari, dirangkum dari newsbharattimes.co.in (30/06) :

1. Talenan

Tips merawat talenan kayuSama pentingnya dengan pisau, talenan menjadi alat untuk melengkapi pisau. Foto: Getty Images/iStockphoto

Talenan menjadi bagian penting dalam kegiatan memasak. Tanpa talenan, mungkin kita akan bingung memotong atau mengiris bahan-bahan dimana.

Sama pentingnya dengan pisau, talenan menjadi alat untuk melengkapi pisau. Daripada harus menggenggam suatu bahan makanan dan langsung memotongnya, lebih baik bahan itu ditaruh diatas talenan, barulah dipotong sesuai keinginan.

Selain itu, talenan juga membantu menjaga dapur agar tetap bersih dan rapi. Karena potongan yang tersisa tidak akan tercecer kemana-mana.

2. Pemeras Lemon

5 Alat Dapur Ini Bikin Masak Lebih Efektif, Jangan Dianggap Sepele!Akan lebih efektif jika memeras lemon dengan alat perasan khusus. Pemeras lemon akan menghilangkan fungsi ekstraksi biji lemon secara menyeluruh sebelum jus diperas. Foto: Getty Images

Sebagian dari kita mungkin lebih memilih untuk memeras lemon secara manual. Namun sebenarnya ini memerlukan cukup banyak waktu dan tenaga.

Akan lebih efektif jika memeras lemon dengan alat perasan khusus. Pemeras lemon akan menghilangkan fungsi ekstraksi biji lemon secara menyeluruh sebelum jus diperas.

Cara pakainya juga mudah, tinggal memasukkan setengah lemon yang sudah dipotong ke dalam pemeras dan membiarkannya sampai jus benar-benar keluar. Alat ini juga akan menghindari jus atau biji lemon berantakan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT