ADVERTISEMENT

6 Fakta Mangkuk Ayam Jago, Alat Makan Ikonik di Asia

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 12 Sep 2022 10:30 WIB
Mangkuk ayam jago
Foto: Bangkok Post & Micheline Guide California
Jakarta -

Di warung hingga restoran Indonesia, kita sering melihat mangkuk ayam jago dipakai untuk menghidangkan makanan. Ternyata ada fakta menarik di balik desainnya yang ikonik.

Tampaknya mangkuk ayam jago sudah tak asing lagi untuk orang Indonesia. Banyak sekali warung-warung hingga restoran yang menggunakan mangkuk ini sebagai wadah untuk menyajikan menu seperti nasi dan mie.

Mangkuk ayam jago sendiri juga populer di pakai di beberapa negara lain. Sebut saja Singapura, Malaysia, hingga Thailand.

Mungkin tak banyak orang tahu mengenai awal mula hadirnya mangkuk ayam jago ini. Padahal, ada beberapa fakta dan sejarah menarik di balik. Mulai dari awal mula diciptakan, hingga bisa menyebar ke beberapa negara tersebut.

Untuk menguliknya lebih dalam, berikut sejarah dan fakta menarik di balik mangkuk ayam jago:

1. Mangkuk Ayam Jago Dibuat di China Oleh Masyarakat Hakka

Mangkuk ayam jagoKemunculan mangkuk ayam jago bermula di China, tepatnya di Provinsi Guangdong. Foto: nyonyacooking.com

Kemunculan mangkuk ayam jago bermula di China, tepatnya di Provinsi Guangdong. Melansir nyonyacooking.com (23/05/2019), mangkuk ayam jago pertama kali dibuat oleh komunitas Hakka yang ada di sana. Mangkuk ini telah dibuat lebih dari seratus tahun lalu.

Awalnya mangkuk ini hanya polos berwarna putih, tanpa ada gambar atau goresan apapun. Namun mangkuk tersebut akhirnya dikirim ke distrik Pang Khey untuk diberi goresan gambar dan dilakukan pewarnaan.

Barulah motif ayam jago digambarkan pada mangkuk tersebut. Setiap mangkuk digambarkan ayam jago berekor hitam dengan leher dan badan merah, hingga kaki hitam yang seolah sedang berjalan di rumput hijau yang dipotong dengan garis hitam.

Ada juga bunga berwarna ungu atau merah hingga daun pisang hijau yang digambar di sebelah ayam jago itu. Kualitas mangkuk pada waktu itu dikenal sangat baik dan tahan lama. Tak heran jika kecantikan desain mangkuk ini akhirnya membuat mangkuk tersebut dijadikan sebagai standar dari mangkuk di China.

2. Arti Gambar Ayam Jago

Mangkuk ayam jagoMungkin jika dilihat oleh orang awam, mangkuk ini hanya terlihat sebagai mangkuk putih dengan gambaran ayam jago biasa. Namun sebenarnya ada arti tersendiri dari gambaran tersebut. Foto: Micheline Guide California

Mungkin jika dilihat oleh orang awam, mangkuk ini hanya terlihat sebagai mangkuk putih dengan gambaran ayam jago biasa. Namun sebenarnya ada arti tersendiri dari gambaran tersebut.

Bunga yang tergambar melambangkan kesejahteraan dan status sosial yang tinggi. Daun pisang melambangkan nasib dan keberuntungan. Sama seperti dekorasi China lainnya, gambar pada mangkuk tersebut juga dibuat dengan melambangkan kehidupan yang baik.

Ayam jago akan melambangkan makna kerja keras, semangat juang, dan keluarga sejahtera. Sementara mengapa ayam jantan yang dipilih bukan ayam betina, hal ini berbicara tentang sikap patriartki masyarakat China pada saat itu yang menganggap laki-laki menjadi berkah di keluarga.

Dengan arti seperti itu, orang-orang akhirnya percaya bahwa jika mereka makan dari mangkuk ayam jago, maka akan ada harapan kemakmuran dalam keluarga mereka.



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT