ADVERTISEMENT

Ternyata Ini Arti Ketukan Jari di Meja Saat Orang China Disajikan Teh

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 11 Sep 2022 11:00 WIB
Ternyata Ini Arti Ketukan Jari di Meja Saat Orang China Disajikan Teh
Foto: Says
Jakarta -

Menikmati teh adalah budaya orang China. Mereka bahkan punya kode khusus berupa ketukan jari di meja saat disajikan teh. Tak sembarang mengetuk, ternyata ini artinya.

Saat pergi ke restoran China atau menikmati teh bersama orang China, pasti kamu tak asing dengan kebiasaan mereka mengetukkan jari ke meja. Bagi orang awam, mungkin hal itu seperti tidak memiliki arti, tapi sebenarnya ada arti luas di baliknya.

Mengutip Says (7/9), mengetuk jari ke meja ini dikenal dengan sebutan 'finger kowtow'. Praktik ini adalah bagian dari etiket menikmati teh China, yang merupakan bentuk hormat dan tanda terima kasih.

Tradisi 'finger kowtow' sudah ada sejak Dinasti Qing. Legenda mengatakan bahwa Kaisar Qianlong pernah mengunjungi sebuah kota dengan berpakaian seperti warga sipil, ditemani oleh para pelayannya.

Ternyata Ini Arti Ketukan Jari di Meja Saat Orang China Disajikan TehTradisi 'finger kowtow' sudah ada sejak Dinasti Qing. Teh Foto: Says

Saat mengadakan sesi yumcha di kedai teh, kaisar mengambil teko dan menuangkan teh untuk seorang pelayan. Merasa tak enak hati dilayani sang kaisar, pelayan itu tadinya ingin berlutut dan mengucapkan terima kasih.

Namun ia mengurungkan niatnya karena khawatir bakal merusak penyamaran kaisar. Akhirnya ia beride mengetuk meja dengan 3 jari melengkung.

Ia menggambarkan gerakan ini sebagai pengganti berlutut di hadapan kaisar. Tujuannya adalah mengungkapkan rasa terima kasih dan hormat karena sudah disajikan teh.

Sementara para ahli mengatakan bahwa ini mungkin bukan kisah yang akurat secara historis karena legenda tersebut telah diturunkan dari generasi ke generasi. Hanya saja, tak bisa dipungkiri kisah ini telah menjadi bagian dari budaya teh di China.

Seiring waktu, etiket menikmati teh China pun berkembang. Penikmatnya masih terus mempraktikkan mengetuk jari di meja.

Hanya saja saat ini, kebanyakan orang mengetuk dengan 2 jari saja yaitu jari telunjuk dan jari tengah. 'Finger kowtow' menjadi lambang dan cara praktis untuk mengucapkan xie xie (terima kasih) kepada pelayan yang menyajikan teh.

Cara ini juga dianggap ideal karena seseorang tak perlu mengucapkan "terima kasih" secara verbal karena bisa mengganggu percakapan yang sedang berlangsung.

Di China, berikut 3 etiket soal mengetuk jari saat disajikan teh yang perlu kamu ketahui:

Ternyata Ini Arti Ketukan Jari di Meja Saat Orang China Disajikan TehAda 3 etiket soal mengetuk jari saat disajikan teh di China. Foto: Says

1. Jika seseorang yang lebih muda menuangkan teh untukmu, gunakan satu jari (telunjuk atau jari tengah) untuk mengetuk meja satu kali atau tiga kali jika kamu menyetujui pelayan. Atau, kamu juga dapat mengetuk tepi cangkir dengan satu jari.

2. Jika ada teman yang menuangkan teh untukmu, gunakan dua jari (jari telunjuk dan tengah) dan ketuk meja tiga kali untuk menunjukkan rasa hormat.

3. Jika seseorang yang lebih tua menuangkan teh untukmu, kepalkan tangan dan ketuk meja dengan lembut tiga kali. Ini menandakan lima tubuh membungkuk ke tanah untuk menghormati yang lebih tua. Biasanya, orang tua yang menuangkan teh akan melakukan 'finger kowtow' sebagai balasannya.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT