ADVERTISEMENT

7 Aturan Makan Unik di Dunia, Ada Larangan Makan Pakai Tangan!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 10 Jun 2022 11:00 WIB
7 Aturan Makan Unik di Dunia, Ada Larangan Makan Pakai Tangan!
Foto: Love Food
Jakarta -

Tiap negara punya aturan soal makanan. Mulai dari penggunaan alat makan yang disarankan hingga jumlah besaran tip yang diberikan pada pegawai restoran. Intip 7 aturan makan unik di dunia berikut ini.

Menikmati makanan tak bisa sembarangan karena di tiap negara berkembang 'aturan' yang kemudian diyakini sebagai cara benar menikmati makanan itu. Aturan makan ini penting diketahui oleh orang dari luar negara itu agar tetap terlihat sopan.

Misalnya soal memberi tip yang ternyata jadi aturan di Jepang dan Amerika Serikat. Namun uniknya, di dua negara ini pandangan pemberian tip begitu berbeda.

Lalu ada juga aturan soal penggunaan tangan yang dianggap sopan dan penggunaan alat makan yang disarankan. Setiap negara punya alasan di baliknya yang begitu menarik.

Mengutip Love Food (9/6), ini dia 7 aturan makan unik di dunia yang menarik kamu simak:

1. Tidak 'split bill' - Prancis

7 Aturan Makan Unik di Dunia, Ada Larangan Makan Pakai Tangan!Foto: Love Food

Bagi orang Indonesia, patungan saat makan adalah hal biasa. Mereka melakukan 'split bill' agar pembayaran makan dirasa adil. Namun ketika makan bersama orang Prancis, jangan sekali-kali 'split bill' karena membicarakan uang di meja makan dianggap tidak sopan.

Aturan tak tertulis yang banyak dipraktikkan di sana adalah orang yang mengundang makan bakal membayar seluruh tagihan makan tamu. Jika merasa sungkan, tamu bisa 'membalasnya' dengan bergantian mengajak dan membayari makan di lain waktu.

2. Larangan makan pakai tangan kiri - India

Layaknya adab Islam yang melarang muslim makan pakai tangan kiri, di India juga ada larangan makan serupa. Seseorang dilarang makan pakai tangan kiri dan harus selalu menggunakan tangan kanan.

Hal ini karena tangan kiri identik dengan fungsi membersihkan sehingga dianggap tidak sopan menggunakannya untuk makan. Usahakan juga selalu tidak menyisakan makanan di piring saat makan di India.

3. Jangan pesan cappuccino setelah makan - Italia

7 Aturan Makan Unik di Dunia, Ada Larangan Makan Pakai Tangan!Foto: Love Food

Meski terkenal dengan budaya minum kopinya, memesan kopi di Italia tetap ada aturan. Hindari pesan cappuccino setelah makan siang atau makan malam karena minuman kopi susu ini identik sebagai minuman sarapan.

Orang ltalia sendiri tak pernah minum cappuccino setelah siang. Mereka meyakini kandungan susu yang banyak pada cappuccino bisa mengganggu sistem pencernaan yang dikhawatirkan mengganggu aktivitas setelah makan.

4. Menyeruput mie - Jepang

Aturan makan di Jepang ini sekilas terlihat tidak sopan, tapi rupanya sangat dianjurkan oleh orang Jepang. Saat makan mie seperti ramen atau soba, malah disarankan untuk menyeruputnya. Praktik ini ternyata sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Penulis makanan Motohashi Takashi menyebut praktik menyeruput mie berawal dari kebiasaan makan soba pada periode Edo (1603-1868). Saat itu soba menjadi makanan yang sering dimakan saat bepergian. Banyak orang Jepang menyeruput soba agar lebih cepat habis. Kebiasaan ini terus berlanjut karena orang Jepang juga meyakini rasa mie akan lebih enak saat diseruput.



Simak Video "Sensasi Dine In 30 Menit Pas PPKM, Gimana Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT