ADVERTISEMENT

Cara Makan Kue Menurut Ahli Etiket, Beda Jenis Beda Caranya!

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 01 Agu 2022 08:03 WIB
Etiket makan kue yang benar
Foto: TikTok @lucychallengerofficial
Jakarta -

Cara makan kue sesuai etiket makan mungkin dipandang ribet oleh sebagian orang. Namun cara makan kue ini patut dilakukan saat menghadiri jamuan formal.

Kue merupakan dessert yang banyak digemari. Jenisnya beragam, mulai dari poundcake, tart, hingga cheesecake yang lembut lumer.

Dilansir dari The Sun (28/7), ternyata makan kue dibedakan dari jenis kuenya. Hal ini diungkapkan oleh ahli etiket Lucy Challenger yang aktif membuat konten video di TikTok.

"Jika kamu disajikan kue bertekstur kering seperti poundcake, maka kamu bisa merobeknya menjadi potongan-potongan kecil dengan jari. Lalu makan dengan rapi menggunakan tangan," ujar Lucy.

Selain pound cake, Lucy juga menjelaskan bagaimana cara makan kue bertekstur agak basah. Untuk tipe kue ini, Lucy menjelaskan harus menggunakan peralatan makan.

Etiket makan kue yang benarEtiket makan kue yang benar Foto: TikTok @lucychallengerofficial

Baca Juga: Chinese Food ala Restoran yang Murah Enak di Parkiran Kos

Seperti ia mencontohkan cara menyantap cheesecake yang ada di hadapannya. Lucy menggunakan garpu berukuran pendek untuk memotong dan menyuapkan kue ke dalam mulut.

Berbeda lagi dengan ice cream cake yang harus menggunakan sendok maupun garpu. "Misalnya pada ice cream cake, garpu digunakan untuk memotong kue dan sendok untuk menyuapkan masuk ke dalam mulut," jelasnya.

Jika kue itu custard cake, Lucy menjelaskan agar kamu menggunakan sendok untuk menyantapnya dan garpu untuk memakan buah yang disajikan sebagai topping.

Baca Juga: Rekomendasi Lapo Enak di Bandung, Nyempil dalam Gang!

Etiket makan kue yang benarEtiket makan kue yang benar Foto: TikTok @lucychallengerofficial

Berbeda lagi jika kamu menikmati crepes sebagai dessert jamuan formal. Kamu harus menggunakan 2 alat makan, yaitu sendok dan garpu.

Kue ulang tahun memiliki karakteristik berlapis dan biasanya disajikan tegak di atas piring saji. Namun untuk menyantapnya, kamu harus menidurkan posisi kuenya menggunakan sendok dan garpu. Setelah posisi kue berubah, kamu bisa memotongnya menggunakan garpu ataupun sendok.

Lucy juga menjelaskan kalau garpu untuk menyantap dessert berbeda dengan garpu makanan utama. Lucy menunjukkan bagaimana garpu dessert memiliki tepi luar yang lebih tebal untuk membantu memotongnya.

Baca Juga: Mantan Napi Kagok Belanja di Supermarket Setelah 12 Tahun Dipenjara



Simak Video "Mengenal Keluarga Penjual Kue Putu Turun-temurun di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT