Kedai Kopi Ini Kenai Biaya Bagi Pelanggan yang Tak Pesan Minuman

ADVERTISEMENT

Kedai Kopi Ini Kenai Biaya Bagi Pelanggan yang Tak Pesan Minuman

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 23 Agu 2022 10:30 WIB
Kedai kopi di Penang kenai biaya untuk pelanggan yang tak memesan minuman.
Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu kedai kopi di Malaysia menerapkan tarif untuk mereka yang tidak memesan minuman. Biayanya sekitar Rp 1.600 - Rp 3.300 per orang.

Kedai kopi juga banyak ditemui di Malaysia. Untuk kedai kopi atau makanan lain di Penang, biasa ditemui peraturan untuk para pelanggan yang tidak memesan minuman.

Peraturan tersebut berlaku untuk pelanggan yang hanya memesan makanan saat berada di kedai kopi. Untuk mereka yang tidak memesan minuman bisa dikenai biaya, seperti dikutip dari The Star (19/8).

Baca Juga: Kopi Trikuto, Kedai Kopi Vintage yang Hits di Jalan Cihapit

Seorang pemilik kedai kopi, Micah Ooi mengungkapkan kalau pada awalnya tidak keberatan ketika pelanggan menempati meja tanpa memesan minuman apapun. Padahal, kedai miliknya menawarkan kopi yang nikmat.

Kedai kopi di Penang kenai biaya untuk pelanggan yang tak memesan minuman.Kedai kopi di Penang kenai biaya untuk pelanggan yang tak memesan minuman. Foto: The Star & 123RF, iStock

Namun banyak pelanggan yang hanya memesan makanan. Sampai pada akhirnya itu menjadi kebiasaan yang membuat Ooi terganggu.

Kemudian, Ooi memutuskan untuk memasang pemberitahuan pada para pelanggannya agar memesan minuman di sana. Kalau tidak memesan, para pelanggan itu harus membayar biaya sekitar RM 50 sen - RM 1 (Rp 1.600 - Rp 3.300).

"Terkadang, ada 5 pelanggan yang duduk tanpa memesan minuman apapun. Sebagian besar pelanggan adalah turis dan saya merasa mereka harus memesan seporsi minuman setidaknya," ujar Ooi.

Baca Juga: 5 Kedai Kopi Unik di Depok, Bisa Dengar Musik hingga Santai di Rumah Jawa

Ooi mengatakan bahwa meskipun dirinya tidak bisa memaksa pelanggan untuk memesan minuman, ia berharap pemberitahuan itu akan mendorong para pelanggan untuk memiliki empati dan mendukung bisnisnya. Ooi juga akan memastikan para pelanggan tidak kecewa dengan pelayanan dan keramahannya.

Kedai kopi di Penang kenai biaya untuk pelanggan yang tak memesan minuman.Kedai kopi di Penang kenai biaya untuk pelanggan yang tak memesan minuman. Foto: The Star & 123RF, iStock

"Ketika seorang pelanggan membayar 50 sen (Rp 1.600) dan tidak ingin pesan minuman, saya akan memberikan mereka air putih sebagai gantinya," jelas Ooi.

"Sejak saya memasang pemberitahuan sebagai pengingat, banyak pelanggan telah mengembangkan pemahaman yang lebih baik dan kami lebih menghormati satu sama lain," tambahnya.

Tak hanya Ooi saja yang menerapkan peraturan tersebut, tapi ada beberapa kedai kopi lain yang melakukan hal sama. Bahkan sebuah food court di dekat kedainya mengenai biaya yang lebih tinggi untuk pelanggan yang tidak memesan minuman apa pun se besar RM1 (Rp 3.300).

Baca Juga: Tak Bisa Dapat Sertifikasi Halal, Ini Tanggapan Mie Gacoan



Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT