ADVERTISEMENT

Minuman Kelapa Kekinian

Minuman Kelapa Jadi Tren, Dicampur Es Krim hingga Susu

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 02 Agu 2022 17:00 WIB
Minuman Kelapa Jadi Tren, Dicampur Es Krim hingga Susu
Foto: Instagram mr.coconutsg
Jakarta -

Minuman kelapa tak sekadar air kelapa alami. Di pasaran kini populer minuman kelapa kekinian seperti yang dalam kemasan, dalam batok, hingga yang dibuat shake atau smoothies. Slurpp!

Sejak dulu air kelapa dikonsumsi banyak orang Asia, termasuk Indonesia karena rasanya legit segar dan manfaatnya banyak. Saat ingin mengasup minuman sehat dan alami, air kelapa pun kerap jadi pilihan nomor satu.

Air kelapa mengandung gula alami dan sejumlah nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral berupa kalsium, fosfor, hingga kalium. Ada juga kandungan antioksidan dengan manfaat kesehatan yang besar.

Sejatinya air kelapa diperoleh dengan membelah batoknya dan mengambil air alami di dalamnya, namun hal ini tergolong kurang praktis. Karenanya mulai dibuat inovasi berupa produk air kelapa kemasan.

4 Air Kelapa Kemasan, Mana yang Manisnya Paling Alami?Produk air kelapa kemasan yang populer di pasaran. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Produsen berlomba-lomba mengemas air kelapa dalam kotak yang siap minum. Beberapa di antaranya juga ditambah vitamin atau kandungan nutrisi lain untuk menambah manfaat sehatnya.

Air kelapa ini banyak dijajakan di minimarket hingga supermarket. Sifatnya yang praktis dan harganya yang ekonomis membuat air kelapa kemasan ini langsung populer.

Tak berhenti di situ, air kelapa juga dikreasikan menjadi minuman kelapa kekinian. Sebutan populernya coconut shake atau coconut smoothies. Minuman ini pertama kali 'booming' di Singapura.

Adalah Mr. Coconut yang memperkenalkan konsep minuman ini pada 2016, namun baru tren pada 2021 saat pandemi Covid-19 merebak. Pada masa ini, orang Singapura kian meyakini konsumsi air kelapa bagus untuk imunitas tubuh.

Minuman Kelapa Jadi Tren, Dicampur Es Krim hingga SusuMr. Coconut booming pada 2021 di Singapura karena orang-orang di sana semakin meyakini khasiat air kelapa. Foto: Instagram mr.coconutsg/gigglycoco.id

Mereka akhirnya mulai beralih dari bubble tea ke minuman kelapa yang dianggap lebih alami dan sehat. Gerai Mr. Coconut pun tersebar di penjuru negeri Singa dengan jumlahnya sudah lebih dari 20, seperti dikutip dari The Smart Local (8/10/2021).

Bagai virus yang menyebar, tren di negara tetangga ini akhirnya sampai juga ke indonesia. Kini mulai banyak gerai minuman, baik khusus kelapa atau yang sudah eksis lebih dulu, memperkenalkan varian minuman kelapa kekinian ini.

Menu originalnya adalah coconut shake atau coconut smoothies. Dibuat dari campuran air kelapa, daging buah kelapa, es krim kelapa, dan susu. Beberapa tempat menyediakan pilihan susu sapi atau nabati seperti oat.

Minuman kelapa ini juga bisa disesuaikan tingkat kemanisannya. Ada yang tawarkan manis normal, kurang, atau ekstra. Penyesuaian ini tak ubahnya ketika kamu memesan bubble tea atau es kopi susu kekinian.

Minuman Kelapa Jadi Tren, Dicampur Es Krim hingga SusuJust Coco, salah satu penjual coconut shake yang tengah hits di Jakarta. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Lalu ada juga berbagai variasi minuman kelapa kekinian. Dari segi topping, bisa tambah jelly atau bahkan boba. Dari segi campuran bahan, ada yang tawarkan campuran kelapa dengan buah lain agar lebih segar. Misalnya nanas, durian, dan alpukat.

Minuman kelapa kekinian ini dibanderol sekitar Rp 30 ribuan di Jakarta. Seperti apa sih keistimewaannya? detikfood akan membahasnya dalam ulasan pekan ini.

Kami juga akan memberi informasi soal minuman kelapa dalam batok yang siap minum, keistimewaan kelapa muda dari Thailand yang banyak dipuja, hingga rekomendasi tempat menikmati minuman kelapa kekinian di Jakarta.

Penggemar minuman kelapa, pastikan jangan ketinggalan informasi ini. Simak terus ulasannya di detikfood ya!



Simak Video "Menikmati Es Kelapa Kekinian di Island Golf PIK"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT