ADVERTISEMENT

4 Air Kelapa Kemasan, Mana yang Manisnya Paling Alami?

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 31 Jul 2022 13:00 WIB
4 Air Kelapa Kemasan, Mana yang Manisnya Paling Alami?
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Jakarta -

Air kelapa dikenal sebagai minuman penuh manfaat. Di pasaran kini tersedia beragam merek minuman air kelapa kemasan. Dari 4 merek populer, mana yang manisnya paling segar dan alami?

Sejak dulu air kelapa terkenal dengan manfaat sehatnya. Di dalamnya mengandung beragam nutrisi penting dan elektrolit alami.

Kandungan elektrolit alami yang dimaksud adalah kalium, magnesium, fosfor, dan banyak lainnya. Kehadiran elektrolit alami berfungsi menjaga keseimbangan pH tubuh hingga menyeimbangkan kadar air dalam tubuh.

Air kelapa biasanya dibeli langsung dalam kondisi masih di dalam batok, namun sekarang hadir alternatif minuman air kelapa kemasan. Minuman ini banyak dijual di minimarket.

Menikmati air kelapa pun jadi lebih praktis dan nyaman karena bisa dibawa-bawa. Untuk mereknya, minuman air kelapa kemasan ini semakin banyak.

detikfood mencicipi 4 minuman air kelapa kemasan yang populer di minimarket dan supermarket. Keempatnya adalah Coco Day, Coco Mas, Coco 9, dan Hydro Coco.

Begini tampilan, rasa, dan perbandingannya antarsatu sama lain:

1. Coco Day (Rp 7.000)

4 Air Kelapa Kemasan, Mana yang Manisnya Paling Alami?Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Minuman air kelapa kemasan ini diproduksi oleh perusahaan di Pangandaran, Jawa Barat. Dalam daftar bahannya tercantum komposisi 97% air kelapa, natural gula buah, dan antioksidan asam askorbat.

Air kelapa ini punya warna paling bening. Begitu dibuka, aroma khas kelapa hanya tercium samar-samar. Rasa manis khas kelapanya juga agak tipis menurut kami, malah lebih seperti manisnya apel.

2. Coco Mas (Rp 8.000)

4 Air Kelapa Kemasan, Mana yang Manisnya Paling Alami?Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Coco Mas juga meramaikan pasar minuman air kelapa kemasan dengan produknya yang berisi lebih banyak yaitu 330 ml. Umumnya, produk serupa hanya 250 ml. Coco Mas diproduksi di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Minuman ini dibuat dari 98% air kelapa, gula, dan antioksidan vitamin C. Menurut kami, rasa manisnya lebih kuat dari Coco Day. Ada jejak rasa mirip gula merah. Rasa khas kelapanya juga tercecap, namun aroma wangi khas kelapa kurang tercium.

3. Coco 9 (Rp 6.000)

4 Air Kelapa Kemasan, Mana yang Manisnya Paling Alami?Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Coco 9 juga kami coba. Minuman air kelapa kemasan ini dibuat oleh perusahaan di Lampung Selatan. Mereka menulis dalam daftar komposisi bahwa produknya dibuat dari 97,7% air kelapa asli (bukan konsentrat).

Bahan lainnya adalah gula, pengatur keasaman asam sitrat, dan tanpa pengawet. Begitu dituang, terlihat warna minuman ini keruh mirip Coco Mas. Rasa manisnya amat kuat menurut kami dengan jejak rasa mirip gula merah. Tak tercium juga aroma khas kelapa.

Review air kelapa kemasan masih ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Menikmati Es Kelapa Kekinian di Island Golf PIK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT