5 Bakery Tertua dan di Indonesia, Ada yang Berusia Lebih dari Seabad

ADVERTISEMENT

Bakery Jadul Populer

5 Bakery Tertua dan di Indonesia, Ada yang Berusia Lebih dari Seabad

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 31 Jul 2022 16:00 WIB
Toko roti jadul
Foto: Istimewa

3. Toko Roti Oen Semarang

Toko Roti OenSudah berdiri sejak 1922, bakery ini menjadi legendaris karena secara konsisten menghadirkan berbagai macam roti dan es krim bergaya belanda yang tak berhenti berinovasi. Foto: loperonline.com

Tampaknya banyak bakery jadul yang berdiri di Semarang. Kali ini ada Toko 'Oen' yang tak kalah populer dan legendaris.

Ada sejarah panjang dari bakery satu ini. Awalnya Toko 'Oen' didirikan di Yogyakarta pada tahun 1922 oleh sepasang suami istri, Bapak Oen Tjoen Hok dan istrinya yang menjual aneka hidangan roti dan es krim khas Belanda.

Sampai akhirnya pemilik generasi pertama ini membuka cabangnya di Jakarta dan Malang, lalu di Semarang pada tahun 1936.

Bakery ini menjadi legendaris karena secara konsisten menghadirkan berbagai macam roti dan es krim bergaya belanda yang tak berhenti berinovasi.

Saat ini Toko 'Oen' yang masih dikelola oleh generasi keluarga Oen itu hanya yang berada di Semarang. Lokasinya bisa ditemukan di Jalan Pemuda Nomor 52, dengan model gedung bergaya tempo dulu.

4. Toko Orion Solo

rotiToko roti yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo 80, Solo sangat mudah dikenali karena desain klasik dari toko yang menampilkan ciri khas bangunan Belanda dengan keramik dan kanopi bergaya jadul. Foto: (Wahyu/detikTravel)

Jika pergi ke Solo, pastinya banyak orang yang mampir ke bakery jadul satu ini. Toko Roti Orion Solo yang sudah ada sejak tahun 1932, didirikan oleh pasangan suami istri, Tjan Giok Nio dan Njoo Hong Yauw.

Toko roti yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo 80, Solo sangat mudah dikenali karena desain klasik dari toko yang menampilkan ciri khas bangunan Belanda dengan keramik dan kanopi bergaya jadul.

Yang menjadi khas di toko roti ini adalah menu roti Mandarijn Orion yang terdiri dari cake putih dan cokelat yang direkatkan tengahnya dengan selai nanas sehingga menciptakan cita rasa yang legit.

Tetapi ada juga beberapa menu roti klasik lainnya seperti roti semir orion dan roti roll O yang tak kalah autentik.

5. Toko Sidodadi

Toko roti jadulRoti-roti yang dijual oleh Toko Sidodadi masih tetap eksis karena rasanya yang tidak berubah sejak dulu. Tak heran jika tokonya selalu dipenuhi para pengunjung baru atau pelanggan setianya. Foto: Istimewa

Beralih ke Bandung, Toko roti Sidodadi menjadi salah satu yang legendaris di kota kembang. Toko roti itu sudah mulai berjualan sejak tahun 1954 yang berlokasi di di Jalan Otista No. 225, Bandung.

Meskipun bangunan tokonya kuno, tetapi itu tak menjadi penghalang banyak orang datang ke toko ini.

Roti-roti yang dijual oleh Toko Sidodadi masih tetap eksis karena rasanya yang tidak berubah sejak dulu. Tak heran jika tokonya selalu dipenuhi para pengunjung baru atau pelanggan setianya.

Ada beragam roti yang tersedia di tempat ini mulai dari roti manis cokelat, roti kismis, roti gambang, roti asin kornet, yang selalu dibuat fresh setiap harinya.

Toko roti Sidodadi juga menyajikan beberapa gorengan hingga jajanan pasar yang tak kalah nikmat.



Simak Video "Menikmati Roti Jadul Legendaris Tahun 70-an, Bikin Nostalgia Masa Kecil"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT