5 Bakery Tertua dan di Indonesia, Ada yang Berusia Lebih dari Seabad

ADVERTISEMENT

Bakery Jadul Populer

5 Bakery Tertua dan di Indonesia, Ada yang Berusia Lebih dari Seabad

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 31 Jul 2022 16:00 WIB
Toko roti jadul
Foto: Istimewa
Jakarta -

Bakery di Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Ada beberapa bakery zaman kolonial yang masih menjual roti dan kue sejak tahun 1920-an.

Roti menjadi makanan yang banyak digemari oleh orang Indonesia. Ini karena, roti memang sudah ada sejak zaman Belanda. Banyak bakery atau toko roti Indonesia yang usianya lebih dari 50 tahun.

Mereka bertahan dari satu generasi ke generasi lainnya dengan menyajikan rasa yang autentik. Dari sekian banyak, ada beberapa bakery yang masih beroperasi dan tetap menyajikan kue dan roti untuk pelanggan setianya.

Berikut 5 bakery tertua di Indonesia yang sudah berdiri puluhan tahun dengan menyajikan roti dan kue klasik.

1. Toko Roti Go

Toko roti jadulToko Roti Go telah menjadi bakery jadul tertua di Indonesia yang telah didirikan sejak tahun 1898 oleh pasangan suami istri keturunan Tionghoa. Foto: Istimewa

Siapa yang tidak kenal toko roti legendaris satu ini. Toko Roti Go telah menjadi bakery jadul tertua di Indonesia yang telah didirikan sejak tahun 1898 oleh pasangan suami istri keturunan Tionghoa.

Nama toko roti ini diambil dari nama sang suami yaitu Go Kwee Ka. Go bersama dengan istrinya memproduksi semua rotinya sendiri, sampai kini bakery tersebut sudah diwariskan ke generasi berikutnya.

Toko roti tertua yang bisa ditemukan di Jalan Jenderal Jalan Jenderal Sudirman No. 724, Kauman Lama, Purwokerto, Jawa Tengah ini berdiri sejak masa kolonial Belanda. Itulah yang membuat bakery legendaris ini banyak melewati masa-masa sulit.

Hebatnya, meskipun toko roti ini sudah bertahan lebih dari 100 tahun, tetapi cita rasa roti alami masih tetap dipertahankan. Resep yang digunakan memang sudah turun temurun. Beberapa roti juga masih dibuat dengan alat tradisional.

Variasi roti yang menjadi favorit di toko ini mulai dari roti cokelat, roti pisang, roti sobek, roti kopi hingga beberapa jenis cake yang diolah tanpa pengawet.

2. Sanitas Bakery

Sanitas Bakery yang berada di SemarangBakery yang didirikan sejak zaman Belanda tepatnya 1920 tersebut, menjual puluhan jenis roti, jajanan pasar, hingga pastry dengan rasa khas. Foto: foursquare.com / Gitoatm

Banyak bakery jadul yang tersebar di Indonesia, salah satunya Sanitas Bakery di Semarang yang telah berdiri lebih dari 100 tahun.

Bakery ini cukup tersohor di Kota Semarang. Bahkan banyak orang luar daerah yang berkunjung ke Sanitas Bakery hanya untuk membeli oleh-oleh roti dan kue.

Bakery yang didirikan sejak zaman Belanda tepatnya 1920 tersebut, menjual puluhan jenis roti, jajanan pasar, hingga pastry dengan rasa khas.

Namun yang menjadi favorit pelanggan antara lain roti sobek, roti kismis yang tersedia dalam bentuk setengah lingkaran, dan beberapa jajanan pasar.

Dengan menggunakan resep kuno andalan mereka, bakery ini sukses digemari hingga saat ini.

Sanitas Bakery bisa ditemukan di alan MT. Haryono Nomor 543-545, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang.



Simak Video "Menikmati Roti Jadul Legendaris Tahun 70-an, Bikin Nostalgia Masa Kecil"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT