Biasa Nyetok Makanan Banyak? Ini Tips Menyimpan agar Tahan Lama

ADVERTISEMENT

Biasa Nyetok Makanan Banyak? Ini Tips Menyimpan agar Tahan Lama

Angga Laraspati - detikFood
Rabu, 27 Jul 2022 14:24 WIB
Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Pakai Rak Kawat
Foto: iStock
Jakarta -

Bahan makanan yang menumpuk bisa membuat produk kualitasnya menurun dan menjadi tidak layak konsumsi. Imbasnya bahan-bahan tersebut akan terbuang dengan sia-sia dan hanya mengakibatkan kerugian.

Pada dasarnya, sebagian besar orang memilih membeli beragam kebutuhan bahan dapur dalam jumlah banyak sekaligus untuk mengoptimalkan waktu berbelanja agar lebih praktis. Padahal, masing-masing bahan makanan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Oleh karena itu diperlukan komponen-komponen khusus dalam setiap metode penyimpanannya, baik makanan segar, makanan siap saji, hingga bahan makanan pendukung lainnya.

Melalui keterangan tertulis, Shopee memberikan beberapa tips untuk menjaga makanan tetap segar lewat kegiatan BincangShopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket: 'Bahan Makanan Tetap Segar, Solusi Penyimpanan Pintar'.

Nah, berikut ini adalah tips dan trik dalam sesi diskusi BincangShopee yang dapat menjadi solusi dan inspirasi penyimpanan pintar untuk menjaga kesegaran makanan

Membuat Rencana Belanja Secara Bijak

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu merencanakan kebutuhan utama apa saja yang diperlukan, produk apa saja yang dapat di beli di bulan berikutnya. Jangan lupa juga untuk mengkombinasikan jenis bahan makanan segar dengan jenis bahan makanan jangka panjang sebagai cadangan.

Jadi, jika sewaktu-waktu kehabisan bahan makanan segar, selalu terdapat persediaan cadangan sebagai solusi efektif. Aspek penting lainnya dalam mengatur perencanaan belanja agar lebih optimal adalah dengan memaksimalkan beragam keuntungan melalui promo-promo menarik yang tersedia.

Bincang ShopeeFoto: Screenshoot detikcom

Seperti memanfaatkan kampanye Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket, mulai dari Gratis Ongkir Semua Toko, Beli 2 Pasti Diskon 50%, hingga Tebus Murah 5 Ribu yang mana rangkaian promo belanja ini dapat dinikmati hingga 8 Agustus 2022 mendatang.

Kelola Posisi Penempatan dan Suhu yang Sesuai Karakteristik

Prinsipnya tidak semua bahan makanan dapat disimpan di lemari pendingin, namun tidak semua bahan makanan juga dapat disimpan pada rak atau lemari dapur. Intinya ketahui terlebih dahulu karakter masing-masing bahan yang ingin disimpan.

Seperti olahan daging dan bahan makanan yang basah sebaiknya disimpan dengan menggunakan wadah kedap udara untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang. Demi menjaga kesegaran simpan pada bagian freezer kulkas dan beri jarak satu dan lainnya agar udara bisa bersirkulasi dengan baik.

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT