ADVERTISEMENT

Bagikan Trik Cuci Sayuran Pakai Mesin Cuci, Wanita Ini Dihujat Netizen

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 13 Jul 2022 11:30 WIB
Mencuci sayuran pakai mesin cuci
Foto: TikTok @ashleyechols777
Jakarta -

Seorang pengguna TikTok membagikan trik untuk membersihkan sayuran. Caranya dengan memasukkannya ke dalam mesin cuci. Iapun dihujat netizen.

TikTok kini menjadi platform yang disukai banyak orang. Di aplikasi tersebut, banyak kreator yang saling berbagi, salah satunya membagikan tips dan trik dalam segala aktivitas.

Itulah yang dilakukan oleh pengguna TikTok dengan akun @ashleyechols777. Melalui video TikToknya (08/06) ia membagikan trik yang disebut sebagai 'lifehacks' mencuci sayuran.

Biasanya, sayuran dibersihkan dengan cara dicuci di air mengalir. Namun berbeda dengan Ashley yang memilih untuk membersihkan sayuran dengan menggunakan mesin cuci yang biasa dipakai untuk membersihkan pakaian.

Baca Juga: 6 Tips Menyimpan Makanan Dalam Wadah di Kulkas Agar Awet

Mencuci sayuran pakai mesin cuciMencuci sayuran pakai mesin cuci Foto: TikTok @ashleyechols777

Dikutip dari Dexerto.com, Ashley saat itu ingin membuat salad. Ia menggunakan kale dan beberapa sayuran hijau lainnya yang ia panen dari perkebunannya sendiri.

Di videonya, ia memasukkan kale ke dalam mesin cuci. Hal itu dilakukan demi menghemat waktu ketika membersihkan sayuran. Menurutnya caranya tersebut dinilai praktis.

"Cuci sayuran hijaumu. Ini lifehacks," tulisnya pada caption video TikToknya.

Videonya viral dan ditonton oleh ratusan ribu orang. Namun, trik membersihkan sayurannya tersebut justru mendapat kritik dari netizen yang menilai bahwa cara membersihkannya tidak tepat.

Baca Juga: Jangan Asal Dicuci, Ini Cara Tepat Mencuci Buah dan Sayuran (2)

Mencuci sayuran pakai mesin cuciMencuci sayuran pakai mesin cuci membuat pengguna TikTok dikritik netizen Foto: TikTok @ashleyechols777

"Terus kamu harus membersihkan lagi tabung mesin cucinya dari sisa-sisa sayuran hijau yang mungkin rontok dan menempel di dinding tabung. JIka tidak, maka bisa membuat pakaian kamu tak bersih," tulis netizen.

"Aku rasa ini tidak tepat. Bisa jadi tabung itu masih terkontaminasi dengan sabun cuci yang bisa berbahaya jika menempel di sayuran lalu kamu makan," tulis netizen lainnya.

Menjawab komentar negatif, Ashley menjawab bahwa saat mencuci sayuran di mesin cuci, ia menggunakan campuran cuka. Karenanya ia mengklaim bahwa itu aman untuk dilakukan.

Selain sayuran hijau, bahkan Ashley juga membersihkan wortel menggunakan mesin cuci. Terlepas dari penjelasannya, ada pula beberapa netizen yang mengatakan bahwa ini adalah ide bagus.

Mencuci sayuran pakai mesin cuciMencuci sayuran menggunakan sabun dapat berbahaya Foto: TikTok @ashleyechols777

Cara nyeleneh mencuci makanan juga pernah dilakukan oleh pengguna TikTok lainnya. Ia mencuci buah dan sayur menggunakan sabun untuk menghilangkan bakteri karena khawatir akan virus corona.

Namun, aksinya tersebut dinilai membahayakan oleh Benjamin Chapman, seorang Profesor dan Spesialis Keamanan Makanan di North Carolina State University.

Ia menjelaskan bahwa partikel sabun akan menempel pada sayuran dan buah-buahan yang dicuci. Hal ini memungkinkan terjadinya masalah kesehatan jika mengonsumsi sayuran dan buah tersebut.

Baca Juga: Amankah Mencuci Sayur dan Buah Pakai Sabun untuk Cegah Virus Corona?



Simak Video "Bikin Laper: Kepiting Soka, Salad Mangganya Juara!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT