6 Tips Menyimpan Makanan Dalam Wadah di Kulkas Agar Awet

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 21 Feb 2022 10:30 WIB
Tips Simpan Makanan di Kulkas Menggunakan Wadah
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Banyak orang yang kini menyimpan makanan dalam kulkas memakai container atau wadah. Kalau ingin ikuti tren, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Kulkas merupakan peralatan dapur yang digunakan untuk menyimpan makanan agar kualitasnya awet terjaga. Dulu banyak orang yang sembarangan menyimpan makanan di kulkas. Asal ditaruh saja.

Kini orang-orang sudah mulai memperhatikan cara menyimpan makanan yang baik dalam kulkas. Salah satunya menggunakan wadah makanan atau container.

Orang memisahkan setiap makanan dalam wadah, kemudian disimpan pada rak-rak di kulkas. Selain kualitas makanan yang terjaga, kulkas juga menjadi lebih rapi.

Dilansir World of Buzz (31/1), ada beberapa tips menyimpan makanan dalam wadah makanan yang harus diperhatikan. Mulai dari cara menyimpan sayuran hijau hingga memilih wadah yang tepat.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bikin Batuk Makin Parah, Termasuk Makanan Pedas

Berikut 6 tips menyimpan makanan dalam kulkas menggunakan wadah.

1. Simpan Sayuran Hijau dengan Tisu

Tips Simpan Makanan di Kulkas Menggunakan WadahTips Simpan Makanan di Kulkas Menggunakan Wadah Foto: Getty Images/iStockphoto

Sayuran hijau bisa awet disimpan dalam kulkas kalau caranya tepat. Karena kulkas memiliki udara yang lebih lembab, sayuran yang disimpan bisa menjadi lunak dan cepat rusak.

Untuk menjaga kesegaran sayuran hijau, pastikan kalau wadahnya tetap kering. Caranya dengan mengeringkan sayuran terlebih dahulu setelah dicuci.

Kemudian letakkan tisu dapur dalam wadah untuk menyimpan sayuran hijau. Tisu dapur itu harus diperbarui setiap harinya dan sayuran hijau harus dikonsumsi dalam seminggu.

2. Jangan Simpan Daging Mentah Pakai Plastik

Tips Simpan Makanan di Kulkas Menggunakan WadahTips Simpan Makanan di Kulkas Menggunakan Wadah Foto: Getty Images/iStockphoto

Daging mentah harus disimpan dalam kulkas kalau ingin kualitasnya tetap baik. Perlu diperhatikan kalau tidak dianjurkan menyimpan daging mentah menggunakan plastik. Karena memungkinkan cairan dari daging menetes atau bocor dan menyebarkan bakteri ke seluruh kulkas.

Lantas bagaimana cara menyimpan daging mentah? Simpan dalam wadah kedap udara, lebih baik lagi kalau menyimpannya dalam wadah kaca. Wadah kaca memiliki alas yang tidak berporsi dan tidak akan menyerap minyak dari daging, sehingga lebih mudah untuk dicuci.

3. Jangan Simpan Makanan Matang dalam Wadah Bekas Daging Mentah

Tips Simpan Makanan di Kulkas Menggunakan WadahTips Simpan Makanan di Kulkas Menggunakan Wadah Foto: Getty Images/iStockphoto

Wadah bekas menyimpan daging mentah harus segera dibersihkan kalu ingin digunakan untuk menyimpan makanan lainnya. Karena wadah bekas daging mentah mengandung bakteri yang dapat membahayakan tubuh.

Jangan sekalinya menyimpan makanan matang dalam wadah bekas daging mentah yang belum dibersihkan. Sebaiknya gunakan wadah baru yang sudah bersih.

Baca Juga: Bule Ini Tunjukkan Harga Indomie di Amerika, Versi Cup dan Kemasan Biasa



Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]