Ahli Gizi Sebut 7 Sayuran Terbaik untuk Jaga Tubuh Tetap Sehat

ADVERTISEMENT

Ahli Gizi Sebut 7 Sayuran Terbaik untuk Jaga Tubuh Tetap Sehat

Devi Setya - detikFood
Senin, 14 Feb 2022 08:00 WIB
Sayuran Terbaik untuk Jaga Tubuh Tetap Sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20
Jakarta -

Sangat banyak jenis sayuran yang biasa dikonsumsi. Beberapa sayuran mengandung nutrisi kompleks yang baik dikonsumsi untuk jaga kesehatan.

Tubuh memerlukan nutrisi dari sayuran, oleh karenanya setiap orang harus mengonsumsi sayuran agar kebutuhan nutrisi terpenuhi. Hampir seluruh jenis sayuran mengandung serat dan vitamin namun ada beberapa sayuran yang juga mengandung protein, antioksidan hingga probiotik.

Bukan hanya sayuran berdaun hijau saja, tetapi ada sayuran jenis umbi hingga kacang-kacangan yang baik dikonsumsi setiap hari. Beberapa jenis sayuran ini juga ampuh mencegah kanker, mengontrol kolesterol dan bahkan menyehatkan sistem pencernaan.

Dilansir dari Fox News (8/2) berikut beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan ahli nutrisi untuk dikonsumsi secara rutin:

1. Jamur shiitake

Jamur shitake sering dijadikan campuran makanan. Selain enak, jenis jamur ini juga mengandung nutrisi yang berlimpah. Konsumsi jamur secara rutin mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari paparan bakteri serta virus.

"Jamur shiitake bukan hanya sayuran rendah kalori tetapi telah terbukti mengurangi peradangan dan bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan sekretori. Ini berfungsi sebagai garis pertahanan pertama dalam tubuh yang melindungi dari patogen," kata ahli diet Erin Kenney, MS, RD, CEO Nutrition Rewired.

Jamur bisa dijadikan campuran pada sup, dibuat pepes atau diolah dengan cara ditumis. Rasanya sangat lezat jika disantap hangat bersama nasi.


2. Ubi jalar


Ubi jalar juga termasuk salah satu jenis sayuran umbi yang direkomendasikan untuk disantap secara rutin. Ubi jalar mengandung serat yang dibutuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan.

"Ubi jalar dianggap sebagai makanan fungsional, karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia untuk kesehatan yang optimal," kata Jared T. Meacham, Ph.D., RD, PMP, CSCS, seorang Ahli nutrisi di DC Metro Academy of Nutrisi dan Diet.

Ubi jalar mengandung serat larut dan tidak larut. Serat ini berperan aktif menjaga kesehatan pencernaan. "Serat ini meningkatkan kesehatan usus dengan membantu membersihkan saluran pencernaan sambil melunakkan tinja dan membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat," jelas Meacham. Ubi jalar juga mengandung karbohidrat, vitamin A, vitamin C dan antioksidan.

Sayuran Terbaik untuk Jaga Tubuh Tetap SehatBangkuang jadi salah satu makanan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20

3. Bengkuang

Tekstur renyah dan rasa manis bengkuang menjadikan sayuran ini banyak disukai. Bengkuang mengandung serat prebiotik yang bagus untuk menjaga kesehatan.

"Bengkuang adalah sayuran segar dan renyah yang kaya akan serat prebiotik. Penelitian telah menunjukkan jenis serat dalam bengkuang dapat mencegah glukosa darah yang berlebihan dan mengontrol berat badan," kata Kenney. Bengkuang bisa dikonsumsi langsung ataupun dijadikan campuran salad sayuran.

4. Kacang hijau

Kacang hijau sudah lama diandalkan sebagai sumber protein nabati. Selain itu, kacang hijau juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah kanker.

"Kacang hijau memiliki nutrisi yang unik karena tidak hanya mengandung karbohidrat tetapi juga menyediakan sejumlah besar serat dan protein. Ini menjadikannya sumber nutrisi penting yang bergizi tinggi," kata Meacham. Kacang hijau juga mengandung saponin yang terbukti efektif dalam memerangi kanker.



Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT