7 Sayuran Segar Favorit Rasulullah SAW yang Tercatat dalam Hadits

ADVERTISEMENT

7 Sayuran Segar Favorit Rasulullah SAW yang Tercatat dalam Hadits

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 09 Feb 2022 05:00 WIB
Sayuran favorit Nabi Muhammad SAW
Foto: iStock
Jakarta -

Dalam menjalani pola makan sehat, Rasulullah SAW dikenal banyak mengonsumsi sayuran. Ada banyak sayuran favorit beliau dan tercatat dalam hadits.

Sayuran menyimpan sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak mengonsumsi sayuran baik untuk sistem pencernaan karena di dalamnya mengandung serat dalam jumlah yang tinggi.

Pada pola makannya, Nabi Muhammad SAW pun banyak mengonsumsi sayuran. Bahkan beberapa jenis sayuran yang menjadi favoritnya. Hal tersebut juga tercatat dalam hadits.

Manfaat sayuran yang dijelaskan dalam hadits tersebut selaras dengan bukti penelitian secara medis. Kerenanya, perbanyak konsumsi beberapa jenis sayuran favorit Nabi Muhammad SAW ini.

Berikut 7 sayuran favorit Nabi Muhammad SAW yang tercatat dalam hadits:

1. Zucchini

Sayuran favorit Nabi Muhammad SAWZukini, salah satu sayuran favorit Nabi Muhammad yang kaya antioksidan SAW Foto: iStock

Zucchini adalah salah satu jenis sayuran yang disukai Nabi Muhammad SAW. Hal ini pernah disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari.

Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW lebih memilih mengonsumsi zucchini daripada daging. Zukini merupakan sayuran yang kaya antioksidan. Bentuknya mirip timun Jepang dengan kulit hijau tua dan teksturnya renyah berair.

Mengonsumsi zucchini bisa mengurangi kadang gula darah yang berlebih. Selain itu, juga ada kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, jantung dan kelenjar tiroid.

2. Labu Kuning

Rasulullah SAW juga sangat menyukai labu kuning. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits di mana Rasulullah SAW menghadiri jamuan makan dari seorang penjahit.

Kata Anas bin Malik:

"Aku berangkat bersama Rasulullah SAW menghadiri jamuan makan tersebut, Kepada Rasulullah SAW tuan rumah menghidangkan roti dari gandum serta kuah berisi labu dan dendeng,".

"Kemudian aku melihat Rasulullah SAW mencari labu dari seputar mangkok kuah itu. Dari sejak itu aku pun menyukai labu,". (HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud).

Baca Juga: Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW dan Isu Bisa Obati COVID-19

3. Timun

Sayuran favorit Nabi Muhammad SAWNabi Muhammad SAW biasa mengonsumsi mentimun dengan kurma basah Foto: iStock

Berbeda dengan zucchini, Nabi Muhammad SAW juga menyukai timun. Hal ini pernah disampaikan lewat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Ja'far bin Abi Talib.

Pada zaman Nabi Muhammad SAW pun terdapat anjuran yang menyebutkan, "Makan dan sukailah timun, karena Rasulullah SAW memakan dan menyukainya,".

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW biasa mengonsumsi timun yang dipadukan dengan kurma basah. Perpaduan tersebut jadi cara Rasulullah SAW menjaga pola makan sehatnya.

Baca Juga: Timun Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah, Istri Rasulullah SAW



Simak Video "Jejak Gado-gado Legendaris di Cikini"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT