Timun Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah, Istri Rasulullah SAW

Riska Fitria - detikFood Senin, 20 Sep 2021 05:00 WIB
Timun Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah, Istri Rasulullah SAW Foto: iStock
Jakarta -

Timun memiliki banyak manfaat. Bahkan manfaatnya tercatat di dalam Al-Qur'an dan dimanfaatkan Aisyah, istri Rasulullah untuk kecantikan.

Hingga kini masih ada yang bingung untuk menyebut timun sebagai buah atau sayuran. Ada dua pengertian, pertama dari segi botanis timun termasuk buah karena memiliki biji dan dihasilkan dari bunga.

Sementara dari segi kuliner, timun sering dikelompokkan sebagai sayuran. Namun di balik pengertiannya itu timun merupakan bahan makanan yang kaya akan manfaat.

Mentimun memiliki kadar air dalam jumlah yang banyak. Dalam 100 gram timun ada kandungan air sebesar 97.9 gram, 1.4 gram karbohidrat, 0,3 gram serat, 29 mg kalsium dan masih banyak lagi.

Bahkan di dalam Al-Qur'an pun tercatat manfaat timun. Dalam hadits juga disebutkan bahwa mentimun merupakan salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW.

Berikut manfaat mentimun dalam Islam:

1. Anjuran Nabi Musa AS

Timun Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah, Istri Rasulullah SAWTimun Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah, Istri Rasulullah SAW Foto: iStock

Mengonsumsi timun untuk kesehatan dianjurkan oleh Nabi Musa AS. Hal tersebut tercatat di dalam Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 61 yang artinya:

"Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu,mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya,ketimunnya, bawang putihnya, kacangadasnya, dan bawang merahnya," (QS Al Baqarah:61).

2. Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW

Timun Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah, Istri Rasulullah SAWTimun Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah, Istri Rasulullah SAW Foto: iStock

Pada zaman Nabi Muhammad SAW, timun sudah dipakai sebagai salah satu makanan yang baik untuk kesehatan. Bahkan timun merupakan salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW.

Pada zaman Nabi Muhammad SAW pun terdapat anjuran yang menyebutkan, "Makan dan sukailah timun, karena Rasulullah SAW memakan dan menyukainya,".

Biasanya Nabi Muhammad SAW mengonsumsi timun dengan mengombinasikannya dengan kurma basah. Seperti yang dijelaskan oleh Hadits Riwayat Tirmidzi:

"Dari Aisyah bahwasanya, 'Rasulullah SAW sering makan Mentimun dicampur dengan kurma basah," (HR.Tirmidzi).

Baca Juga: Rahasia Diet Cristiano Ronaldo Diungkap Mantan Chef Pribadi, Ini Menunya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com