4 Pola Makan Sehat yang Gampang Dilakukan untuk Cegah Diabetes

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 09 Feb 2022 07:00 WIB
Pola makan untuk mencegah diabetes
Foto: iStock
Jakarta -

Penerapan pola makan yang tak sehat dapat menyebabkan banyak penyakit, seperti diabetes. Jika disepelekan, diabetes bisa berakibat fatal.

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah atau glukosa. Sementara itu, glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Jika tidak diserap dengan baik oleh sel tubuh, maka glukosa akan menumpuk di dalam darah. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh, hingga penyakit komplikasi yang berbahaya.

Diabetes dapat disebabkan karena kebiasaan pola makan yang tak sehat. Sebab ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah diabetes.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 4 pola makan sehat untuk mencegah diabetes:

1. Perbanyak Makan Sayur

Pola makan untuk mencegah diabetesPola makan untuk mencegah diabetes adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran Foto: iStock

Kunci pola makan sehat untuk mencegah diabetes adalah memperbanyak mengonsumsi sayuran. Sementara itu, selama ini ada kesalahan besar dalam pemahaman banyak orang tentang karbohidrat.

Banyak orang menghindari karbohidrat karena khawatir memicu berat badan. Menurut Spesialis Diabetes Kim Rose, RDN, CDCES, menghindari karbohidrat bisa memicu lonjakan gula darah.

"Kamu perlu mengatur jarak karbohidrat sepanjang hari, sehingga kamu memiliki sumber energi yang stabil dan makan karbohidrat tinggi serat dari buah, sayur dan biji-bijian," tutur Kim.

Sebuah penelitian di Journal of Geriatric Cardiology 2017 menemukan bahwa makan makanan nabati lebih efektif dalam meningkatkan kontrol gula darah daripada diet diabetes yang hanya membatasi gula dan karbohidrat.

Baca Juga: Sebaiknya Minuman Ini Tidak Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ini Kata Ahli Diet

2. Kurangi Makanan Cepat Saji

Pola makan untuk mencegah diabetesPola makan untuk mencegah diabetes adalah dengan menghindari makanan cepat saji Foto: iStock

Makanan cepat saji memiliki kandungan kalori dalam jumlah yang tinggi. Tingginya kalori bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes.

"Seiring waktu, kelebihan kalori dapat menyebabkan penambahan berat badan dan kondisi itu dapat menyebabkan resistensi insulin," ujar Kim.

Resistensi insulin adalah kondisi di mana sel-sel tubuh tidak menggunakan gula darah dengan baik akibat adanya gangguan dalam merespon insulin.

Karenanya, Kim menganjurkan untuk lebih mempertimbangkan asupan kalori, bukan hanya karbohidrat dan gula saat makan di luar.

Baca Juga: 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes