Sebaiknya Minuman Ini Tidak Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ini Kata Ahli Diet

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 22 Des 2021 05:00 WIB
Drink Can
Foto: iStock
Jakarta -

Penderita diabetes memiliki banyak pantangan dan minuman agar kadar gula darah tetap stabil. Ahli diet menyarankan untuk tidak mengonsumsi minuman bersoda.

Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit kronis yang menyebabkan tingginya kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh. Oleh karenanya, penderita diabetes harus menuruti aturan makan dan minum yang telah ditetapkan oleh dokter.

Pantangan makanan dan minuman ini harus diterapkan dalam sehari-hari agar tidak mengakibatkan lonjakan gula darah. Makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi tentu saja harus dihindari.

Dilansir dari Eat This (19/12), salah satu minuman yang harus dihindari oleh penderita diabetes adalah minuman bersoda. Hal ini dikuatkan oleh beberapa ahli diet yang turun menganjurkan untuk menghindari minuman tersebut.

Baca Juga: Ngakak! Minta Nomor Barista Cantik di Kafe, Pria Ini Terkejut Saat Tahu Kenyataannya

Drink Canminuman bersoda Foto: iStock

"Soda dan minuman manis lainnya memiliki indeks glikemik yang tinggi dan menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah dengan cepat," kata ahli diet Brenda Davis.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan kalau minuman manis berkontribusi pada perkembangan resistensi insulin, pradiabetes, dan diabetes tipe 2. Davis menjelaskan kalau minuman bersoda bahkan lebih buruk kalau sudah menderita diabetes.

"Minuman bersoda dapat mempercepat komplikasi diabetes dengan mempermainkan kontrol glukosa darah," terang Davis.

Jenis komplikasi seperti apa yang dapat ditimbulkan dari bahaya minuman bersoda pada penderita diabetes? Tentu saja yang serius, seperti menyebabkan kebutaan, kerusakan saraf, infeksi kulit, penyakit kardiovaskular, ginjal, hingga stroker, seperti dikutip dari American Diabetes Association.

Drink Canminuman bersoda Foto: iStock

Baca Juga: Wow! Barista Starbucks Ini Dapat Pesanan Minuman Rp 746 Juta

"Minuman yang diberi pemanis dengan gula tidak akan membuat kita merasa puas seperti menyantap makanan padat, jadi mudah untuk mengonsumsinya secara berlebihan," ujar Davis memperingatkan.

"Mereka mengandung nutrisi yang rendah, namun kalorinya tinggi," lanjutnya.

Alih-alih mengonsumsi minuman bersoda, sebaiknya dihindari agar tubuh tetap bugar dan minumlah air putih sebagai pelepas dahaga paing sehat. Davis juga merekomendasikan mengonsumsi teh herbal yang kaya zat antiosksidan dan fitokimia.

Pilihan teh herbal terbaik untuk penderita diabetes adalah teh hijau, teh hibiscus, teh yang dicampur rempah seperti kunyit, jahe, kayu manis, atau teh chamomile. Jus hijau dari sayuran dan buah juga lebih sehat.

Baca Juga: Nampol! 20 Kwetiau Babi Bumbunya Mantap Ada di Sini!



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)