7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 30 Sep 2021 05:00 WIB
White Dragon Fruit on an old turquoise wooden table. Foto: Getty Images/iStockphoto/enviromantic
Jakarta -

Penderita diabetes tak boleh sembarang menyantap makanan dan minuman. Namun, 7 buah berikut baik dikonsumsi agar kadar gula darah tetap stabil. Apa saja?

Buah-buahan salah satu makanan bergizi yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Bagi penderita diabetes, buah-buahan juga aman untuk dikonsumsi.

Karena, buah-buahan memiliki rasa manis yang alami. Cocok dikonsumsi penderita diabetes yang memiliki pantangan tak boleh mengonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih.

Penderita diabetes dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat. Seperti nasi putih, roti, hingga minuman manis yang memakai banyak pemanis buatan.

Dilansir dari The Health Site (27/9), berikut 7 buah yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

1. Apel

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.buah apel Foto: iStock

Apel adalah salah satu buah yang memiliki rasa manis. Buah berwarna merah ini diketahui mengandung serat dan vitamin tinggi yang menyehatkan tubuh.

Buah ini bisa menjadi alternatif camilan sehat bagi penderita diabetes. Karena mengonsumsi apel tidak meningkatkan kadar gulah dan juga insulin. Tak hanya sebagai camilan, tapi juga enak untuk menu sarapan.

2. Alpukat

Alpukat sudah dikenal sebagai salah satu buah yang menyehatkan. Di dalamnya mengandung beragam vitamin, mineral, hingga lemak asam omega-3.

Selain baik dikonsumsi pelaku diet, alpukat juga sangat menyehatkan bagi penderita diabetes. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin dengan mengolahnya sebagai smoothie atau campuran salad.

3. Pepaya

Viral di TikTok Makan Biji Pepaya Bisa Keluarkan Parasit Tubuh, Ini Kata Penelitipepaya Foto: iStock

Walaupun harganya murah, namun pepaya menyimpan beragam nutrisi penting yang menyehatkan tubuh. Buah ini mengandung vitamin C tinggi yang berperan sebagai sumber zat antioksidan.

Buah ini juga mengandung flavonoid yang dapat membantu mengatur gula darah. Sehingga pepaya dapat dijadikan alternatif camilan yang sehat. Pepaya bisa kamu konsumsi langsung, dijadikan jus atau campuran salad juga terasa lezat.

Baca Juga: Warteg Gang Mangga Disebut Warteg Termahal di Jakarta, 5 YouTuber Ini Akui Kelezatannya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Sirup Buah yang Nyegerin"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com