ADVERTISEMENT

Kiat Menyimpan Daging Sapi di Kulkas agar Awet, Harus Dicuci Dulu?

Jihaan Khoirunnisa - detikFood
Selasa, 26 Jul 2022 16:31 WIB
Menyimpan Daging di Kulkas
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Menyimpan bahan makanan tidak boleh sembarangan. Tujuannya supaya tetap segar dan tahan lama. Apalagi mengingat setiap bahan makanan memiliki karakteristik yang berbeda. Sehingga cara penyimpanannya pun harus disesuaikan.

Hal tersebut juga berlaku saat kamu akan menyimpan daging sapi di freezer dalam kulkas. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindari agar daging bisa awet saat disimpan di kulkas. Apa saja?

"Apalagi setiap bahan makanan treatment-nya beda-beda. Kita harus bisa menyiasati secara pintar. Kita harus pintar dalam memilah-milah. Ada bahan segar yang nggak tahan lama, tapi ada bahan segar yang shelf life nya lebih tahan lama," ujar Celebrity Chef Devina Hermawan dalam BincangShopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket 'Bahan Makanan Tetap Segar, Solusi Penyimpanan Pintar' yang digelar online, Selasa (26/7/2022).

Chef Devina mengatakan daging sapi harus disimpan dalam freezer agar awet dan bisa digunakan di lain waktu. Akan tetapi masih banyak yang keliru mengenai penyimpanan daging di kulkas. Menurutnya, cara menyimpan yang benar bukan hanya sekadar memasukkan daging ke dalam freezer begitu saja. Sebab jika demikian dapat membuat daging sapi tak lagi segar, bahkan bisa menyebabkan freezer burn.

Bincang ShopeeFoto: Screenshoot detikcom

Dia mengatakan daging sapi perlu dibungkus dalam wadah tertutup dan kedap udara. Hal ini untuk memastikan kualitas, warna, dan aroma daging tetap terjaga.

"Yang paling baik, disimpan dalam keadaan terbungkus. Boleh pakai boks atau kontainer yang food grade, dan freezer safe. Karena tidak semua bahan tahan kalau dibekukan," jelasnya.

Selain itu, dia menjelaskan daging sapi tidak perlu dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan dalam kulkas. Alasannya karena saat daging dicuci justru rentan terjadi penularan kuman akibat cipratan dari darah dan cairan daging.

"Untuk daging sendiri tidak perlu dicuci (jika ingin disimpan di kulkas). Karena kenapa? Justru kalau kita mencuci daging, dapat menyebabkan kontaminasi silang. Air cipratannya bisa mengenai sayur dan lain-lain. Itu malah berisiko. Cukup dilap saja, dan sudah bisa dimasak," kata Chef Devina.

Namun jika masyarakat merasa harus mencuci daging karena kotor, menurutnya tak masalah. Asalkan tetap memperhatikan kebersihan guna mencegah kontaminasi silang.

"Kalau kotor kena tanah, harus dicuci, ya tidak apa-apa (dicuci). Nggak masalah," katanya.

Di sisi lain, Chef Devina juga mengingatkan untuk memisahkan daging sapi, ikan, dan daging ayam saat hendak diletakkan dalam freezer. Tujuannya tidak lain demi mempertahankan kualitas bahan makanan secara optimal.

"(Rentan) kontaminasi silang itu kan ada banyak kategori (bahan). Mulai dari ikan, jangan sampai tercampur dengan ayam dan daging. Ikan dan ayam jangan sampai tercampur," tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan BincangShopee digelar untuk menjawab permasalahan sehari-hari yang dihadapi oleh masyarakat. Melalui BincangShopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket: Bahan Makanan Tetap Segar, Solusi Penyimpanan Pintar, para narasumber berbagi pengetahuan seputar tips dan trik mengenai pola belanja kebutuhan bahan makanan yang baik dengan metode penyimpanan tepat dan penggunaan yang bijak.



Simak Video "Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi di Bandung Nyaris Rp 140 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT