ADVERTISEMENT

50 Resep & Tips Olahan Daging Kurban

5 Resep Bumbu Sate Kambing Nikmat, Bumbu Kecap hingga Kacang

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 09 Jul 2022 13:00 WIB
Sate Pak Bustaman: ada sate kambing dan sop sumsum nikmat.
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Sate jadi olahan daging kurban populer. Sebelum membuatnya, contek dulu ide resep bumbu sate kambing dan sapi nikmat ini. Ada pilihan bumbu kecap, bumbu kacang, hingga sate maranggi.

Ketika merayakan Idul Adha, banyak umat muslim yang akan memasak daging hasil potong kurban. Salah satunya olahan populernya, sate yang bisa diracik bersama keluarga.

Untuk membuat sate nikmat, dibutuhkan beberapa bumbu racikan. Selain kecap manis yang praktis, sate juga bisa dibuat menggunakan beberapa bumbu racikan ini.

Berikut 5 resep bumbu sate kambing dan sapi nikmat untuk inspirasi olahan Idul Adha:

Baca Juga: Resep Rendang Sapi Khas Padang dan Tips Memasaknya

1. Sate Daging Bumbu Manis

Salah bumbu sate favorit di Indonesia adalah bumbu manis. Bumbu marinasi ini merupakan salah satu bumbu sate kambing yang paling simpel dan praktis.

Bahan paling umum yang biasa dipakai antara lain kecap manis, gula merah, bawang merah, bawang putih, asam jawa, ketumbar, dan garam.

Bumbu-bumbu tersebut bisa dihaluskan terlebih dahulu. Setelah itu, campurkan bumbu halus dengan daging kemudian diaduk rata. Agar bumbu bisa meresap, daging bisa didiamkan beberapa saat. Barulah taruh daging dalam tusukan dan daging siap dibakar.

Baca Juga: Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Khas Jawa yang Gurih Manis

2. Sate Daging Bumbu Kelapa

Resep Sate Sapi Bumbu KelapaFoto: Dok. Masak Masak TransTV

Resep bumbu sate yang tak kalah enak ini berbalut kelapa sangrai. Sebelum sate dibakar, marinasi daging dengan beberapa bumbu seperti rempah serta kelapa parut agar menghasilkan rasa yang lebih gurih dan kuat.

Campurlah bumbu tersebut dengan bumbu halus seperti cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan ketumbar.

Setelah dimarinasi beberapa saat, sate siap dipanggang di atas wajan sambil dibolak-balik beberapa kali hingga sisinya matang merata. Resepnya bisa dicontek di bawah ini.

Baca Juga: Masak Masak: Resep Sate Sapi Bumbu Kelapa yang Juicy Gurihnya Nendang

3. Sate Maranggi

Salah satu jenis sate yang populer di Indonesia adalah sate maranggi khas Purwakarta, Jawa Barat. Jenis bumbu marinasi ini terkenal dengan rasa manisnya yang meresap.

Bumbu sate maranggi bisa dibuat sendiri di rumah dengan menyiapkan bahan-bahan seperti kecap manis dan asam jawa. Lalu siapkan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, ketumbar sangrai, dan irisan halus gula jawa.

Campurkan bumbu halus dengan daging lalu diremas-remas dan diamkan minimal 30 menit hingga bumbu meresap sampai dalam. Beberapa orang juga sering menambahkan nanas agar menghasilkan daging yang lebih empuk.

Tusuk daging yang sudah dimarinasi, lalu bakar sate di bara api arang dan baliklah sesekali agar daging dapat matang dengan merata. Biasanya sate bumbu maranggi dihidangkan dengan bumbu pelengkap seperti irisan cabe rawit merah dan tomat. Lihat resepnya di bawah ini.

Baca Juga: Bumbu Sate Sapi Maranggi yang Manis Gurihnya Meresap

Rekomendasi resep bumbu sate kambing dan sapi nikmat ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Jajal Kuliner ala Timur Tengah, Rempahnya Nendang!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT