Sajian Maknyus Idul Adha

Bumbu Sate Sapi Maranggi yang Manis Gurihnya Meresap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 24 Jul 2020 16:00 WIB
Sate maranggi Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra
Jakarta -

Bumbu sate sapi maranggi ini perlu kamu tahu sebelum membuat sate istimewa untuk Idul Adha. Rempahnya lengkap sehingga rasa manis gurihnya meresap.

Sate sapi ada beberapa jenisnya, namun yang populer adalah sate sapi maranggi khas Purwakarta. Menu sate ini bahkan sudah jadi ikon wisata kuliner saat kamu menyambangi kabupaten di provinsi Jawa Barat ini.

Menilik sejarahnya, sate sapi maranggi konon merupakan wujud akulturasi budaya China di Indonesia. Hal ini nampak dari bumbu sate maranggi yang sama dengan dendeng babi dan dendeng ayam yang dijual di China, Taiwan, dan Hong Kong.

Sate sapi maranggi berbeda dengan jenis sate lainnya. Baik dari segi bumbu sate sapi, cara membuatnya, hingga pelengkap untuk menyajikan sate sapi maranggi. Sate ini rasanya manis gurih karena direndam bumbu sebelum dibakar.

Kalau kamu bosan sate yang itu-itu saja untuk Idul Adha, sate sapi maranggi ini bisa jadi pilihan. Berikut serba-serbi serta bumbu sate sapi maranggi:

1. Ciri khas sate sapi maranggi

sate maranggiFoto: dok. detikFood

Sate sapi maranggi terkenal di Purwakarta, salah satunya diracik Hj. Yetty yang dikenal dengan nama Sate Maranggi Cibungur. Rumah makan sate ini tak punya cabang, hanya ada di Jalan Raya Cibungur yang selalu ramai pembeli.

Sate maranggi tersedia dalam pilihan daging kambing, sapi, atau ayam. Potongan dagingnya kecil-kecil dengan selingan potongan lemak. Warnanya cokelat dan sedikit berminyak karena sebelum dibakar, sate sapi maranggi direndam bumbu beberapa saat.

Bumbunya mirip empal dengan pemakaian bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan gula merah. Hanya saja ada penambahan asam Jawa yang memberi sedikit rasa asam pada sate sapi maranggi. Karenanya sate maranggi dikenal sebagai sate sapi manis.

Baca Juga: Sate Maranggi Cibungur: Manis Gurih Sate Daging yang Bikin Ketagihan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gurih Khas Sate Maranggi Purwakarta yang Nendang di Lidah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com