Cara Membuat Salad Buah yang Enak dan Praktis

Odilia WS - detikFood
Kamis, 23 Jun 2022 16:30 WIB
Cara membuat salad buah yang enak dan praktis
Foto: iStock
Jakarta -

Salad buah selalu menyegarkan dinikmati saat udara panas. Meraciknya tidak sulit. Berikut cara membuat salad buah yang enak dan praktis.

Istilah salad buah diberikan untuk racikan aneka buah-buahan segar yang diberi saus. Sausnya bisa berupa campuran jus buah yang bening segar. Atau saus creamy dari keju krim, yogurt dan beragam pemanis.

Karena memakai buah-buahan segar, orang sering menyebut salad buah menyehatkan. Tetapi yang perlu diwaspadai adalah saus yang diracik untuk melengkapi campuran buah segar ini. Jika ditambahkan banyak gula tentu bisa tidak menyehatkan lagi.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meracik salad buah berikut cara membuat salad buah yang enak dan praktis serta menyehatkan.

1. Pilihan buah segar

Hamoir semua jenis buah segar cocok diracik jadi salad buah. hanya saja perlu diperhatikan variasi tekstur dan warna-warninya. Pilih buah dengan tekstur lembut dan renyah serta warna kontras yang menarik perhatian.

Misalnya padukan stroberi, apel, anggur, melon, buah naga dan pir serta kiwi dan mangga. Jika suka bisa ditambahkan buah kalengan seperti kelengkeng, peach dan leci, tanpa kuahnya.

Padukan buah dengan rasa manis legit dengan buah dengan rasa asam segar. Perpaduan ini akan membuat salad buah makin segar dan enak.

2. Saus Salad Buah

Saus untuk salad buah ada yang bening dari jus jeruk dan apel atau jus buah lainnya yang diberi sedikit madu. Ada pula saus yang diracik dari yogurt, keju krim, kental manis yang rasanya gurih manis.

Racikan saus ini tergantung selera. Jika akan dikonsumsi sebaga menu diet sebaiknya tak memakai bahan yang mengandung kalori tinggi seperi keju krim atau susu kental manis. Saus jus buah lebih cocok.

3. Aksen rasa dan aroma

Selain rasa manis segar dan sedikit asam, saus salad dan racikan salad bisa lebih segar dengan sedikit tambahan rasa. Seperti daun mint segar yang dicincang akan memberi rasa segar mentol.

Atau tambahkan sedikit kulit jeruk lemon atau navel parut pada racikan sausnya. Jika suka rempah tambahkan sedikit kayu manis atau jahe bubuk pada racikan saus salad.

4. Penyajian salad buah

Buah segar umumnya mengandung air apalagi jika sudah dipotong-potong. Sebaiknya campurkan dengan sausnya sesaat akan disajikan agar tidak berair.

Atau simpan buah dan saus beberapa saat dalam lemari es hingga dingin. Saat akan disajikan baru dicampur menjadi satu. Buah dan saus tidak terlalu berair dan encer sausnya.

Resep dan cara membuat salad buah yang enak dan praktis ada di halaman berikut ini!



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]