ADVERTISEMENT

10 Tips Memasak Agar Masakan Lebih Lezat, Gampang Dilakukan

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 24 Jun 2022 07:00 WIB
Tips masak agar lebih lezat
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Setiap orang memiliki cara masaknya sendiri. Tapi tak ada salahnya mengubah kebiasaan masak lama dengan yang lebih baik agar rasa masakan lebih lezat.

Seringkali kita memotong bahan atau menggoreng makanan dengan cara kita sendiri. Tanpa tahu efek atau hasilnya sudah optimal atau belum. Hal ini tentu bukan menjadi masalah.

Tetapi meskipun tidak ada aturan memasak secara khusus, cara masak yang benar dipercaya mampu menghasilkan makanan yang lebih lezat.

Tak hanya masalah rasa, namun memasak dengan benar juga akan meningkatkan kualitas makanan sekaligus bisa menghemat waktu memasak di dapur.

Dirangkum dari tasty.com (11/02/2020), berikut 10 tips memasak yang akan membuat masakan lebih enak.

1. Potong bahan sama ukurannya

Saat menyiapkan bahan-bahan seperti wortel atau bawang, potonglah bahan tersebut sama ukurannya.

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun dengan memotong bahan secara merata dan konsisten, akan menghindari sisa bahan berlebih. Bentuk potongan yang sama juga akan membuat bahan tersebut masak secara merata dan bersamaan.

2. Jangan masukkan bahan sebelum minyak panas

Tips masak agar lebih lezatJangan masukkan bahan ke dalam wajan sebelum minyak panas. Hal ini akan membuat rasa masakan terasa tidak enak. Foto: iStockphoto

Jika minyak dalam wajan belum panas, sebaiknya jangan masukkan bahan ke dalam wajan. Hal ini akan membuat rasa masakan terasa tidak enak.

Perhatikan pula tingkat suhu pada minyak tersebut. Jangan sampai minyak terlalu panas hingga mengeluarkan asap. Bahan makanan akan gosong saat dimasukkan ke minyak tersebut.

3. Masukkan bawang putih terakhir

Bawang putih menjadi bahan yang sering digunakan dalam memasak. Ini karena bawang putih memiliki bau yang akan membuat masakan lebih sedap.

Namun saat memasak, sebaiknya masukkan bawang putih terakhir karena bawang putih adalah bahan masakan yang mudah terbakar.

4. Bumbui masakan setelah matang

Ketika membuat hidangan tentu saja tidak hanya satu bahan yang dimasak. tetapi ada gabungan beberapa bahan makanan yang dimasak bertahap.

Setiap kali menambahkan sejumlah bahan baru ke dalam wajan, pastikan untuk membumbuinya secara langsung dan tepat. Jangan menunggu hingga bahan terakhir masuk ke dalam wajan.

Dengan membumbuinya secara tepat, ini akan membangun lapisan rasa yang lebih nikmat.

5. Angkat masakan sebelum kompor dimatikan

Tips masak agar lebih lezatPanas api yang tersisa itu akan dengan cepat membuat hidangan seperti telur atau daging menjadi terlalu matang. Foto: iStockphoto

Ingatlah bahwa setelah mematikan api sekalipun, masakan akan terus matang karena panas api di dalam wajan atau pan tersebut masih bekerja.

Panas api yang tersisa itu akan dengan cepat membuat hidangan seperti telur atau daging menjadi terlalu matang. Jika memasak telur, pastikan untuk mengangkatnya lebih awal agar telur tidak gosong.

6. Gunakan pisau tajam

Penggunaan pisau yang tajam akan lebih baik dibandingkan pisau tumpul. Pisau tajam juga membuat perbedaan besar baik dari sisi kemudahan penggunaan hingga keamanan.

Sebelum memotong sesuatu, pastikan untuk mengasah pisau terlebih dahulu. Pastikan pisau tajam saat dipakai menyiapkan bahan masakan. Agar proses memasak lebih efisien.

7. Bilas beras agar tak menggumpal

Tips masak agar lebih lezatDengan membilasnya, nasi akan terasa lebih enak dan tidak menggumpal saat dimasak. Foto: iStockphoto

Sebelum memasak nasi, sebaiknya beras dibilas terlebih dahulu agar pati pada permukaannya dapat hilang. Dengan membilasnya, nasi akan terasa lebih enak dan tidak menggumpal saat dimasak.

8. Rendam dada ayam dalam air garam

Sebelum memanggang dada ayam, cobalah untuk merendamnya dengan garam terlebih dahulu. Dengan merendam dada ayam menggunakan air garam, ini akan membantu daging mempertahankan kelembapan dan tetap juicy saat matang.

Perendaman ini dapat dilakukan dalam waktu 15 menit saja.

9. Bumbui jamur setelah kecokelatan

Tips masak agar lebih lezataat ingin membumbui jamur, sebaiknya tunggu jamur yang dimasak kemudian tambahkan gara, dan bumbu lainnya. Foto: iStockphoto

Saat ingin membumbui jamur, sebaiknya tunggu jamur yang dimasak warnanya berubah menjadi kecokelatan, kemudian tambahkanlah garam atau bumbu lainnya.

Ini karena jamur dan bumbu akan menyerap kelebihan air yang akan menyebabkan makanan menjadi basah.

10. Bersihkan alat masak langsung setelah dipakai

Setelah memasak makanan, terkadang kita merasa malas untuk membersihkan peralatan kotornya. Sebaiknya hindari hal ini, karena dengan langsung membersihkan peralatan kotor akan menjaga semuanya tetap rapi dan membuat proses masak selanjutnya lebih mudah.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Camilan Mie Enak Favorit Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT