7 Tips Menyimpan Sayuran dari Tasyi Athasyia, Bisa Awet Sebulan!

ADVERTISEMENT

7 Tips Menyimpan Sayuran dari Tasyi Athasyia, Bisa Awet Sebulan!

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 16 Jun 2022 10:00 WIB
7 Tips Menyimpan Sayuran dari Tasyi Athasyia, Bisa Awet Sebulan!
Foto: Instagram/tasyiiathasyia
Jakarta -

Tasyi Athasyia terkenal dengan konten seputar dapur dan makanan enak. Ia membagikan tips menyimpan sayuran yang tepat hingga bisa bertahan satu bulan. Begini caranya.

Berbeda dengan kembarannya yang merupakan beauty vlogger, Tasya Farasya, Tasyi Athasyia mengaku lebih tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dapur dan rumah tangga. Menghabiskan banyak waktu di rumah membuat Tasyi Athasyia handal dalam masak dan merapikan rumah.

Tasyi Athasyia juga mengaku paling senang ketika melihat dapurnya rapi dan bersih, termasuk bagian dalam kulkasnya. Ia menyusunnya sedemikian rupa secara teratur dan meminimalisir segala jenis sampah di dapurnya.

Tasyi Athasyia pun punya trik mudah untuk menyimpan sayuran di kulkas tanpa sampah. Tidak hanya bersih, tips menyimpan sayuran dari Tasyi Athasyia ini konon dapat membuat sayuran menjadi awet hingga satu bulan.

Berikut ini 7 tips menyimpan sayuran ala Tasyi Athasyia yang dibagikan melalui channel Youtubenya:

Daun bawangPerlu penanganan yang berbeda, Tasyi Athasyia menyarankan untuk memisahkan antara batang dan daunnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/george tsartsianidis

1. Memisahkan batang daun bawang

Daun bawang menjadi sayuran yang banyak dipakai dalam berbagai hidangan, tetapi tantangan paling sulit adalah menjaga agar daun bawang dapat awet segarnya.

Daun bawang menjadi salah satu sayuran yang sangat sensitif dengan suhu dan kelembaban udara. Untuk mengatasinya, Tasyi Athasyia menyarankan untuk memisahkan antara batang yang berwarna putihnya dengan bagian daun yang berwarna hijau. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesegaran keduanya lebih lama.

2. Menyimpan dengan air

Pada beberapa sayuran ada yang membutuhkan kelembaban tinggi untuk menjaga kandungan air di dalamnya. Misalnya seledri dan daun bawang. Untuk mengatasi bahan-bahan sayuran seperti ini Tasyi memberikan tips untuk menggunakan wadah berisi air.

Seledri dan bagian batang daun bawang bisa disimpan dalam posisi ujung akarnya terendam dalam air agar tidak layu. Selain itu, bagian batang daun bawang juga dapat kembali tumbuh dan daun yang baru tumbuh bisa digunakan kembali untuk memasak.

3. Memanfaatkan plastik kedap udara

Untuk beberapa bahan yang bisa disimpan dalam keadaan dipotong-potong atau bahkan dicincang, Tasyi Athasyia menyarankan menyimpannya menggunakan plastik kedap udara. Sayuran yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong bisa disimpan dengan rapat dalam plastik kedap udara.

Menggunakan plastik kedap udara ini juga memudahkan untuk memisahkan sayuran atau bahan masakan lain sesuai dengan kebutuhan sekali masak. Sehingga ketika ingin menggunakannya tidak perlu sibuk menakar bahan atau mengontaminasi bahan-bahan yang tidak jadi dipakai dan dikembalikan ke wadahnya.

Tips menyimpan sayur lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "KuTips: Penting! 4 Cara Tepat Mengolah Daging Saat Darurat PMK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT