Pembeli Kaget Lihat Harga Nasi Rames Ikan Rp 117 Ribu di Singapura

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 17 Jun 2022 16:02 WIB
Pembeli Kaget Lihat Harga Nasi Rames Ikan Rp 117 Ribu di Singapura
Foto: Forum Reddit/AsiaOne
Jakarta -

Singapura dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup termahal. Namun harga nasi rames lauk ikan goreng ini bikin orang Singapura terkejut.

Memiliki biaya hidup yang tinggi termasuk dalam harga makanan. Negara tetangga Singapura, memang memiliki berbagai jenis restoran dan kafe modern yang harganya makanan dan minumannya selangit.

Namun mereka juga terkenal dengan kedai kopi pinggir jalan (Kopitiam) dan pusat jajanan kaki lima (Hawker Centre), yang menjual aneka makanan dengan porsi besar dan harga masih terjangkau.

Salah satu menu yang paling terkenal adalah Cai Fan atau Economy Rice. Kalau di Indonesia, menu satu ini lebih mirip seperti nasi rames ala warteg.

Karena para penjual Cai Fan menyediakan beberapa belas lauk masakan rumah. Mulai dari ayam goreng, sayur tumis sampai olahan ikan. Lengkap dengan porsi nasi dan lauk yang melimpah.

Pembeli Kaget Lihat Harga Nasi Rames Ikan Rp 117 Ribu di SingapuraPembeli Kaget Lihat Harga Nasi Rames Ikan Rp 117 Ribu di Singapura Foto: Forum Reddit/AsiaOne

Baca Juga: Netizen Singapura 'Berlomba' Jual Menu Ayam Mahal karena Pasokan Langka" selengkapnya


Dilansir dari AsiaOne (17/06), rupanya ada satu pembeli Cai Fan yang terkejut dan merasa 'dirampok' ketika melihat harga nasi rames dengan lauk ikan bandeng yang dibelinya.

Keluahannya ini ia layangkan ke forum diskusi online Reddit, dengan nama pengguna Dagachi_One. Ia mengunggah satu kotak makanan berisi nasi rames ala Cai Fan harganya SGD 11 (Rp 117.000).

Di kotak makan itu terdapat nasi putih, ikan tenggiri batang yang digoreng. Lalu tumis capcay dengan tofu.

"Inflasi atau perampokan? Saya tahu harga ikan memang mahal. Tapi ayo lah, harga ini terlalu mahal," komplainnya, yang membuat unggahanya ini mendapatkan komentar dari netizen Singapura lainnya.

Menurut Dagachi, ia berpikir harga nasi rames ikan tenggirinya ini paling hanya SGD 6 (Rp 64.000). Tak sampai menyentuh angka SGD 11.

Pembeli Kaget Lihat Harga Nasi Rames Ikan Rp 117 Ribu di SingapuraPembeli Kaget Lihat Harga Nasi Rames Ikan Rp 117 Ribu di Singapura Foto: Forum Reddit/AsiaOne

Baca Juga: Restoran Singapura di Beijing Ini Sebut Tumis Kangkung sebagai Tahu Goreng!" selengkapnya

Karena biasanya kedai yang menjual Cai Fan, memasang harga daging dan sayuran sekitar SGD 2 - SGD 4 (Rp 21.000 - Rp 42.000) per porsinya. Kalau ditambah menu seafood seperti ikan, paling tambahannya hanya sekitar beberapa dollar.

Banyak netizen Singapura yang ikut kaget, dan merasa harga nasi rames itu terlalu mahal.

"Tidak dapat disangkal lagi, itu harga nasi rames yang sangat mahal untuk hidangan yang terlihat biasa saja," komen salah satu netizen.

"Siapa yang mau menghabiskan uang sampai Rp 11 SGD untuk nasi rames? Kita beli nasi rames ya untuk berhemat," kritik netizen lainnya.

"Untuk menu nasi rames dengan tampilan seperti ini ya, paling harganya cuma SGD 3.50 sampai SGD 6 (Rp 37.000 - Rp 64.000) di kedai kopi dekat rumah saya," tulis netizen.

Dagachi bukan satu-satunya orang yang mengeluhkan mahalnya harga makanan dan minuman di Singapura kini.

Sebelumnya seorang pengguna Facebook juga mengeluh. Ketika dia harus membayar Milo di cup kecil yang harganya mencapai SGD 4 atau setara dengan Rp 42.000.

Baca Juga: Getok Harga! Di Bandara Segelas Milo Rp 42 Ribu Bikin Penumpang Ini Kesal" selengkapnya



Simak Video "Jajal Sate Terenak di Lau Pa Sat Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)