7 Cara Unik Minum Kopi di Berbagai Negara, Bisa Jadi Inspirasi!

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 14 Mei 2022 06:00 WIB
7 Cara Unik Minum Kopi di Berbagai Negara, Bisa Jadi Inspirasi!
Foto: Mashed

4. Italia

Italia terlalu menjaga budaya minum kopinya dengan sangat ketat. Kafe yang bisa ditemukan hampir di seluruh dunia seperti Starbucks saja ditolak kehadirannya selama 47 tahun. Orang-orang Italia terlalu membanggakan budaya minum kopi tradisional mereka.

Orang Italia punya budaya kopi yang berbeda karena penggunaan beberapa jenis varian kopi yang digabungkan menjadi satu sehingga hasilnya cukup unik. Hal unik lainnya yang datang dari budaya minum kopi di Italia adalah dinikmati dengan cara sambil berdiri di sisi bar dibandingkan dengan duduk santai di pinggir jendela.

5. Turki

Memiliki budaya kopi yang unik dan terus dijaga keasliannya, kopi khas Turki ini bahkan telah dinobatkan dan tercatat secara resmi. Budaya minum kopi di Turki masuk ke dalam salah satu daftar warisan budaya tak benda oleh UNESCO yang telah tercatat sejak tahun 2018 silam.

Kopi pertama kali dikenalkan di Turki pada saat kekaisaran Ottoman. Kopi di Turki akan diseduh dalam cawan tembaga yang nantinya dipanaskan di atas pasir panas dan dibiarkan hingga berbuih tinggi.

7 Cara Unik Minum Kopi di Berbagai Negara, Bisa Jadi Inspirasi!Di Arab Saudi, kopi akan dituangkan dalam takaran kecil yang bertujuan untuk menjaga kesegarannya, Foto: Mashed

6. Arab Saudi

Di Arab Saudi, kopi bahkan memiliki posisinya sendiri. Menyajikan kopi seolah diibaratkan menjadi bentuk keramahtamahan. Seseorang yang sejak awal menuangkan kopi harus terus menuangkannya untuk orang-orang yang dijamunya kecuali ada orang lain yang mengambil alih tugasnya.

Cara minum kopi di Arab Saudi juga berbeda. Kopi hanya dituang dalam gelas kecil dengan ukuran yang sedikit dan menutupi bagian dasarnya saja. Jika ingin menambah kopi baru akan dituang kembali dengan alasan untuk menjaga kesegaran kopi hingga saat diminum.

7. Senegal

Berbeda dengan negara lain yang biasanya menikmati kopi dengan tanpa bahan tambahan. Di Senegal, kebiasaan minum kopinya cenderung menambahkan berbagai bahan seperti rempah-rempah merica dan cengkeh.

Hasilnya, kopi khas Senegal cenderung terasa lebih pedas tetapi punya cita rasa yang istimewa. Kopi yang ditambahkan merica dan cengkeh ini menjadi yang paling sering disajikan sepanjang tahun. Sedangkan ada juga kopi yang disajikan di musim-musim tertentu dengan beberapa rempah pilihan yang hanya tersedia pada musim tersebut.


(dfl/adr)