Benarkah Konsumsi Kopi Menghambat Pertumbuhan? Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 11 Mei 2022 05:00 WIB
two modern espresso cups on a wooden table Foto: iStock
Jakarta -

Banyak mitos seputar konsumsi kopi. Salah satunya adalah minum kopi dikatakan dapat menghambat pertumbuhan. Benarkah?

Kopi sebagai minuman yang tinggi kafein menjadi yang paling populer untuk dipilih saat pagi hari. Banyak orang yang kerasa belum 'bangun' jika belum mengonsumsi kopi di pagi hari.

Minum secangkir kopi berfungsi layaknya memberi pasokan energi bagi tubuh untuk siap menjalani hari dan aktivitas. Banyak penelitian yang juga menunjukkan manfaat positif yang bisa didapatkan ketika rutin minum kopi.

Bukan hanya karena kandungan kafeinnya, tetapi juga dari kehadiran komponen antioksidan yang ada di dalamnya. Selain manfaat positifnya, ada juga mitos buruk yang menyelimuti terkait konsumsi kopi.

Coffee with cookies and astrological zodiac symbolsKopi konon menjadi salah satu asupan yang dapat menghambat pertumbuhan pada anak-anak. Foto: Getty Images/iStockphoto/Dzhulbee

Mengutip Cleveland Clinic (9/5) salah satu mitos yang konon dikaitkan dengan kopi adalah konsumsi kopi yang dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat. Terutama ada anak kecil yang tengah mengalami masa pertumbuhan optimal, konon harus dijauhkan dari konsumsi kopi yang tinggi kafein tersebut.

Menyoroti hal ini, Roy Kim MD., selaku dokter anak menyatakan bahwa kafein tidak memiliki dampak terhadap pertumbuhan anak-anak. Para pakar kesehatan juga masih kebingungan darimana mitos tersebut muncul dan sejak kapan mulai banyak dipercayai oleh orang tua.

Berdasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, kopi hanya berdampak sebagai penekan nafsu makan dan berat lahir bayi tetapi tidak dengan pertumbuhan tulang anak. Kadar kafein juga diungkapkan menimbulkan gejala seperti kecemasan, detak jantung yang tidak normal, tekanan darah tinggi, sakit kepala, sakit perut dan beberapa gejala diantaranya.

Tidak ada satu penelitian pun yang dapat mengungkapkan dan membenarkan bahwa kopi memang memengaruhi tinggi badan dan menghambat masa pertumbuhan anak-anak. dr. Kim mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang sebenarnya memengaruhi tinggi badan anak seperti genetika, konsumsi kalori, asupan makanan yang bernutrisi, kekurangan vitamin dan mikronutrien gangguan pertumbuhan hingga lingkungan yang cukup baik.

Petugas mengecek suhu saat roasting (memanggang) buah kopi di pengolahan kopi Solok Radjo di Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.Tetapi dr. Kim selaku spesialis anak mengatakan dirinya tak pernah menemukan kasus pertumbuhan terhambat akibat konsumsi kafein. Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

"Pada bidang pekerjaanku, kami melihat seluruh jenis gangguan dalam pertumbuhan anak-anak, dan tidak ada satu pun yang pernah disebabkan dari konsumsi kafein pada anak," kata dr. Kim.

dr. Kim lebih menekankan kepada sosok orang tua yang melihat kepada bagaimana kondisi fisik orang tua yang secara langsung akan berpengaruh besar pada kondisi fisik anak nantinya. Selain itu kekurangan kalori yang tidak berhasil memenuhi kebutuhan tubuh juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ukuran tubuh anak menjadi lebih kecil.

Hal ini terbukti pada penelitian yang coba mengamati bayi-bayi yang lahir dari keluarga yang kekurangan cenderung akan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Asupan nutrisi yang baik menjadi kunci utama jika menginginkan anak Anda tubuh dengan efektif dan tidak mengalami hambatan dalam jenis apapun.

Jika ingin membantu pertumbuhan tulang anak menjadi maksimal, beberapa nutrisi yang disarankan adalah kalsium, vitamin D, vitamin C dan beberapa jenis vitamin lainnya yang perlu diperhatikan dan dicukupi kebutuhannya. Tidak hanya nutrisi, dr. Kim juga menekankan bahwa kesehatan mental anak yang baik akan sangat memengaruhi tumbuh kembang anak menjadi lebih efektif atau akan mengalami gangguan.



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com