Viral! Pedagang Pompa Ayam Segar Agar Terlihat Berisi, Tuai Pro Kontra Netizen

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 08 Mei 2022 12:36 WIB
Pedagang Ayam Viral Karena Pompa Ayam Pakai Angin
Foto: iStock
Jakarta -

Belum lama ini viral di media sosial aksi pedagang ayam potong di pasar yang dianggap berlaku curang. Karena ia memompa ayam dengan udara agar terlihat lebih berisi.

Aksi pedagang makanan kerap mencuri perhatian netizen. Ada yang menarik perhatian karena teknik berjualan yang unik hingga pedagang curang.

Sebuah video yang menampilkan aksi penjual ayam potong di pasar viral di Twitter. Video tersebut diunggah oleh pengguna Twitter dengan akun @Bams27735590 (5/5).

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Fakta Tersembunyi dari McDonald's

Pengguna Twitter itu menuliskan cuitan, "Pedagang curang begini harus diviralkan biar masyarakat tau," tulisnya seperti dikutip detikFood.

Pedagang Ayam Viral Karena Pompa Ayam Pakai AnginPedagang Ayam Viral Karena Pompa Ayam Pakai Angin Foto: Twitter @bams27735590

Dalam video berdurasi 31 detik itu terlihat ada seorang pedagang ayam potong di sebuah pasar tengah sibuk memompa setiap ayam yang akan dijual. Pedagang itu menyembunyikan pompa angin yang biasa dipakai untuk memompa sepeda tersebut di belakang meja.

Kemudian, ia menusukkan selang pompa ke karkas bagian bawah kulit ayam. Lalu ia memompanya beberapa kali sampai tampilan ayam jadi berisi atau gemuk.

Aksi curang pedagang ayam ini ternyata menuai pro kontra netizen. Ada yang menganggap wajar aksi tersebut karena hanya dipompa angin, bukan disuntik air. Namun banyak juga yang keberatan dengan aksi pedagang ayam potong tersebut.

Baca Juga: Dibayar Rp 100 Juta, Pria Ini Rela Minum Smoothies Ini Bakteri

Video ini telah ditonton lebih dari 551 ribu kali. Sudah dibagikan ulang oleh 10 ribu pengguna Twitter.

"Yang dipompa itu bertujuan untuk mempercantik tampilan ayam saat dipajang. Kalau tidak dipompa ya ditiup saluran pernafasannya. Yang mengerikan dan merugikan konsumen itu yang disuntik pake air apalagi airnya gak jelas pakai air apa," komentar netizen.

Pedagang Ayam Viral Karena Pompa Ayam Pakai AnginPedagang Ayam Viral Karena Pompa Ayam Pakai Angin Foto: Twitter @bams27735590

"Memompa angin dalam karkas adalah trik pedagang untuk membuat tampilan segar dan terlihat montok. Itu sama sekali tidak merugikan siapapun karena pada saat karkas itu dipilih dan ditimbang tidak mengurangi timbangan dan angin akan otomatis terbuang," komentar lainnya.

"Demi dapat tambahan recehan, dosa jadi berat di timbangan," sahut netizen yang kontra terhadap aksi pedagang ayam itu.

"Capek banget dagang ibunya tapi hasilnya dari uang hasil curang" ujar netizen lain.

Baca Juga: Diminta Diet Netizen, Dita Karang Ungkap Aturan Pola Makan di Agensi



Simak Video "Masak Masak: Ayam Ngohiong dengan Bumbu Tionghoa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)