Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Fakta Tersembunyi dari McDonald's

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 07 Mei 2022 14:00 WIB
5 Fakta Chicken McNugget yang Jadi Menu BTS Meal x McDonalds
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang suka makan McDonald's tapi tak banyak yang mau mencari tahu seluk beluk dan fakta tersembunyi dari restoran ini. Ada beberapa fakta menarik dari restoran global ini.

Ketika menyebut nama McDonald's, orang-orang akan langsung membayangkan Big Mac, Happy Meal atau ikon McDonald's yang sangat terkenal. Padahal banyak rahasia dan fakta tersembunyi dari restoran yang dibangun pada tahun 1940 ini.

Dikabarkan Mashed (6/5) restoran dengan nilai investasi ratusan miliar dolar ini memiliki fakta yang disembunyikan oleh perusahaan. Restoran dengan puluhan ribu cabang di seluruh dunia ini ternyata bukan hanya meraup keuntungan lewat penjualan makanan semata.

Berikut beberapa fakta seputar McDonald's yang tak banyak diketahui publik:

1. McDonald's pernah menarik satu juta McNuggets

McDonald's Jepang memiliki beberapa masalah besar yang terjadi pada tahun 2014 dan 2015. Masalah ini tak bisa dianggap remeh dan bahkan menyebabkan penurunan penjualan sebesar 10 persen.

Pada Juli 2014, McDonald's mengambil tindakan serius terhadap salah satu pemasok ayam mereka, Shanghai Husi Food Co. Rumor mengatakan bahwa pabrik tersebut mencampur produk kadaluwarsa dengan yang segar kemudian mengirimkannya ke McDonald's, Starbucks, dan Burger King di Jepang dan China. Isu ini dengan cepat merebak di kalangan masyarakat.

Sampai akhirnya seluruh cabang McDonald's di Jepang menarik lebih dari satu juta potong nugget ayam. Sempat terjadi juga pelanggan yang menemukan gigi manusia dan potongan plastik dalam nugget yang dijual McDonald's.

People line up at a McDonald's restaurant during its last working day in St. Petersburg, Russia, Monday, March 14, 2022. (AP Photo)Restoran McDonald's Foto: AP Photo

2. Big Mac tidak memiliki lisensi resmi di Eropa

Di McDonald's cabang Amerika dan beberapa negara lain mungkin kamu bisa memesan menu Big Mac dengan mudah. Tapi di Uni Eropa, Big Mac tidak memiliki lisensi dagang resmi. Hal ini terjadi atas keputusan Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa.

The Guardian mengatakan bahwa pada tahun 1960-an Pat McDonagh diberi julukan "Supermac" selama pertandingan sepak bola di County Westmeath Irlandia. Kemudian, McDonagh melanjutkan untuk membuka rantai burger yang sangat sukses, dan dia menyebutnya Supermac's. Ketika dia mencoba membuka lokasi di luar Irlandia, McDonald's mengklaim nama "Supermac" terlalu mirip dengan "Big Mac" dan akan menyebabkan kebingungan merek.

Tetapi EUIPO memutuskan lebih mendukung Supermac, itu berarti bahwa merek dagang "Big Mac" tidak berlaku.

3. McDonald's adalah distributor mainan terbesar di dunia

McDonald's bukan hanya menjual makanan, jika diperhatikan restoran ini juga 'menjual' mainan dengan cara yang unik. Paket mainan biasanya dijadikan hadiah ketika membeli menu Happy Meal.

Happy Meals memulai debutnya pada tahun 1979 dan langsung menjadi makanan yang populer hingga saat ini. Semakin banyak paket Happy Meal yang terjual maka semakin banyak juga mainan yang dibeli pelanggan.



Simak Video "Kata Warga Rusia soal Cita Rasa Restoran Baru Pengganti McDonald's"
[Gambas:Video 20detik]