ADVERTISEMENT

10 Fakta Kentang Goreng McDonald's, Menu Terpopuler yang Gurihnya Nagih!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 02 Feb 2022 13:00 WIB
10 Fakta Kentang Goreng McDonalds, Menu Terpopuler yang Gurihnya Nagih!
Foto: Shutterstock via Eat This, Not That!
Jakarta -

Menu kentang goreng McDonald's (McD) tengah jadi sorotan karena stoknya terbatas. McD Indonesia bahkan umumkan sementara tak akan sediakan kentang goreng ukuran besar di semua gerai.

Krisis menu kentang goreng di gerai McD sebenarnya bukan hal baru. Di Jepang, hal serupa terjadi lebih dulu. Hal ini terkait gangguan pasokan impor kentang dari Kanada ke Jepang.

Kini McD Indonesia juga mulai merasakan dampaknya. Melalui Twitter resmi McDonald's Indonesia (McDonald's_ID) (31/1/2022), pihaknya mengumumkan mulai 2 Februari 2022, menu Large French Fries sementara tidak tersedia karena terbatasnya ketersediaan French Fries.

Kabar inipun mengejutkan banyak orang, terutama para pencinta kentang goreng McD. Mereka khawatir tak bisa dengan bebas membeli menu favoritnya.

Ada banyak alasan mengapa kentang goreng McD begitu digemari, apalagi kalau disajikan sesaat setelah matang. Tekstur luarnya garing, dalamnya lembut, dan memiliki rasa gurih yang enak!

Kentang goreng McD juga punya banyak fakta menarik lain di balik kemunculan dan proses produksinya. Semua hal ini patut diketahui penggemarnya.

Mengutip Eat This, Not That! (22/6/2021), inilah 10 fakta kentang goreng McD:

1. Menu McD paling populer

Dari sekian banyak menu McD, kentang goreng adalah menu terpopuler di jaringan resto fast food asal Amerika Serikat ini. Kepopuleran kentang goreng bahkan mengalahkan burger andalan McD, Big Mac. Hal ini lantaran kentang goreng bisa dimakan sebagai camilan maupun pendamping makanan utama.

2. Tidak cocok dikonsumsi vegan

Meski kentang adalah bahan makanan nabati, namun kentang goreng McD tidak cocok dikonsumsi pelaku vegan. Dalam salah satu komposisinya tercantum "perasa daging sapi alami". Menurut McD, perasa ini mengandung gandum terhidrolisis dan susu terhidrolisis sebagai bahan awalnya.

3. Dipotong dari kentang segar

10 Fakta Kentang Goreng McDonald's, Menu Terpopuler yang Gurihnya Nagih!Kentang goreng McD dibuat dari kentang segar utuh yang dipotong-potong berbentuk stik Foto: Shutterstock via Eat This, Not That!

Banyak orang mengira kentang goreng McD dibuat dari kentang yang ditumbuk kemudian dibentuk menyerupai stik kentang. Faktanya, kentang goreng McD dipotong langsung dari kentang segar menggunakan mesin canggih. Kentang juga sebelumnya dibekukan dulu sebelum sampai di restoran.

4. Trik menyamakan warna kentang

Dalam video yang diunggah McDonald's Kanada, Mario Dupuis selaku manajer produksi mengatakan kentang goreng dimasukkan ke dalam blancher untuk menghilangkan kandungan gula dari kentang. Proses ini juga "mencegah beberapa variasi" dalam warna kentang goreng nantinya, kata Dupuis. Kentang juga diberi "larutan dekstrosa" dan bahan lain untuk mencegah kentang goreng berubah menjadi keabuan.

5. Digoreng dulu semenit

10 Fakta Kentang Goreng McDonald's, Menu Terpopuler yang Gurihnya Nagih!Dalam persiapannya, kentang goreng bakal digoreng dulu selama 1 menit sebelum dibekukan lalu didistribusikan Foto: Shutterstock via Eat This, Not That!

Dalam proses menyiapkan stok kentang goreng, Dupuis menjelaskan irisan kentang bakal digoreng dulu selama 45 detik hingga 1 menit sebelum dibekukan. Barulah nanti stok kentang goreng dikirimkan ke berbagai lokasi.

Lihat lagi fakta menarik kentang goreng McD di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT