ADVERTISEMENT

'Perang' Kentang Goreng di Jepang, Gerai Ini Hadirkan Porsi Besar untuk Saingi McD

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 21 Jan 2022 15:00 WIB
‘Perang’ Kentang Goreng di Jepang, Gerai Ini Hadirkan Porsi Besar untuk Saingi McD
Foto: Sora News 24
Jakarta -

Kentang goreng sedang jadi menu langka di McDonald's (McD) Jepang. Mengambil kesempatan ini, gerai ini hadirkan kentang goreng porsi 300% lebih besar dari buatan McD.

McD Jepang alami kelangkaan menu kentang goreng lantaran pasokan impor kentang mereka dari Amerika Utara terhambat. Mengutip CNN Indonesia (13/1/2022), McD Jepang hanya menjual kentang goreng porsi kecil di ribuan gerainya pada Januari 2022.

Penjualan kentang goreng porsi besar ditiadakan sementara. Pelanggan yang biasanya memesan menu itu bahkan diberi diskon 50 sen sebagai kompensasi.

Demi mengatasi gangguan pasokan kentang ini, McD Jepang mencoba membuat saluran distribusi baru. Tujuannya agar menu kentang goreng bisa kembali tersedia secara normal.

'Perang' Kentang Goreng di Jepang, Gerai Ini Hadirkan Porsi Besar untuk Saingi McDMinistop menghadirkan menu kentang goreng porsi jumbo, Bucket Potato Foto: Sora News 24

Kondisi ini rupanya dilihat sebagai peluang oleh para kompetitor McD. Mereka menawarkan berbagai promo menarik seputar menu kentang goreng untuk menarik perhatian pelanggan.

Mengutip Sora News 24 (17/1/2022), Freshness Burger, misalnya, meluncurkan kampanye 'We've Got Potatoes'. Mereka bahkan menambahkan porsi kentang goreng ukuran biasa dan besar sebanyak 25%, tanpa menambah harga jual.

Terbaru, minimarket Ministop mengumumkan adanya menu baru bernama Bucket Potato. Menu ini berisi kentang goreng andalan mereka X Fried Potatoes 3 kali lebih banyak. Harganya 641 yen atau sekitar Rp 80 ribu.

Alasan Ministop bisa menjual menu ini karena mereka mengambil pasokan kentang dari Eropa, terutama Jerman. Stok kentang untuk memenuhi penjualan pun diprediksi tidak akan terganggu.

'Perang' Kentang Goreng di Jepang, Gerai Ini Hadirkan Porsi Besar untuk Saingi McDPasokan kentang didapat Ministop dari Jerman sehingga tidak terganggu distribusinya seperti kentang untuk McDonald's Jepang Foto: Sora News 24

Banyak warganet Jepang menyambut kedatangan menu ini dengan gembira. Tak sedikit juga yang jadi membandingkannya dengan porsi dan harga kentang goreng McD, apalagi ukurannya 3 kali lipat.

Reporter Sora News 24, Ahiruneko merupakan penggemar kentang goreng Ministop dan McD. Ia mencoba Bucket Potato di hari pertama peluncurannya yaitu 14 Januari 2022.

Menurutnya, kentang goreng buatan Ministop ini sama enaknya dengan yang versi porsi biasa, namun teksturnya sedikit lebih renyah. Menyantap Bucket Potato seorang diri juga disebutnya cukup berat karena porsinya banyak.



Simak Video "McDonald's di Rusia Bakal Ganti Nama"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT