Ini 5 Efek Samping Jika Sering Ngemil Kentang Goreng

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 17 Jan 2022 08:00 WIB
Efek Konsumsi Kentang Goreng Terlalu Sering Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kentang goreng menjadi camilan favorit banyak orang. Kentang goreng yang gurih lezat dan mengenyangkan ini ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan. Apa saja efeknya?

Kentang goreng atau biasa dikenal dengan French fries merupakan camilan yang juga biasa disantap sebagai pendamping makanan. Kerap disajikan bersama steak, burger, ayam goreng, dan lainnya.

Karena bahan dasarnya terbuat dari kentang, maka kandungan karbohidratnya cukup tinggi. Selain karbohidrat, kentang goreng juga mengandung lemak jenuh yang tinggi karena proses menggorengnnya menggunakan banyak minyak.

Kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi membuat kentang goreng tak boleh dikonsumsi terlalu sering. Karena efeknya dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Baca Juga: Doyan Melahap Kol Goreng? Ini 5 Bahaya Makan Kol Goreng untuk Kesehatan https://food.detik.com/info-sehat/d-5897228/doyan-melahap-kol-goreng-ini-5-bahaya-makan-kol-goreng-untuk-kesehatan

Dilansir dari Eat This (12/1), berikut 5 efek buruk terlalu sering mengonsumsi kentang goreng.

1. Sebabkan Gangguan Sistem Pencernaan

Efek Konsumsi Kentang Goreng Terlalu SeringSalah satu efek dari mengonsumsi kentang goreng terlalu sering adalah adanya gangguan pada sistem pencernaan. Foto: Getty Images/iStockphoto

Tak ada masalah mengonsumsi kentang goreng, tapi sebaiknya jangan terlalu sering. Karena kandungan lemak dalam kentang goreng sangatlah tinggi. Kandungan ini dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan.

Diketahui bahwa lemak lebih lambat dicerna oleh tubuh daripada karbohidrat dan protein. Kemungkinan besar kalau kentang goreng akan berada di dalam perut lebih lama daripada makanan yang lebih sehat.

Karena sistem perncernaan mengalami gangguan, maka perut akan terasa sakit. Selain itu, efek sampingnya juga bisa menyebabkan mual, diare, hingga kembung.

2. Dapat Merusak Otak

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling kompleks karena tersusun dari sejumlah jaringan dan sel saraf yang saling terhubung. Oleh karenanya kesehatan otak harus tetap terjaga.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh tinggi seperti kentang goreng.

Sebuah penelitian dalam jurnal Neurology yang berlangsung 10 tahun dengan melibatkan 1.600 orang lansia Jepang menemukan bahwa lemak jenuh dapat menimbulkan risiko Alzheimer (demensia) sebanyak 75 persen.

Baca Juga: Bikin Resah! Tren TikTok Ini Minta Pesanan Makanan Dibayari Orang di Depannya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com