Bikin Kentang Goreng Selama 15 Jam, Resep Bule Ini Dikritik Netizen

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 17 Des 2021 19:30 WIB
Bikin Kentang Goreng Selama 15 Jam, Resep Bule Ini Dikritik Netizen Foto: TikTok
Jakarta -

Kentang goreng jadi makanan yang disukai sejuta umat. Namun, resep kentang goreng selama 15 jam ini justru mengundang kritik dari banyak orang.

Banyak cara untuk membuat kentang goreng serenyah yang ada di restoran cepat saji. Mulai dari direndam pakai es hingga ditambahkan sedikit tepung. Namun ada juga resep kentang goreng yang waktu pembuatannya mencapai 15 jam lamanya.

Padahal biasanya menggoreng kentang goreng tak lebih dari 10 menit. Waktu pembuatan selama 15 jam ini lah yang membuat resep kentang goreng ala bule ini dikritik banyak orang.

Awalnya resep ini diunggah oleh akun Instagram @buzzfeedtasty (17/12), kanal milik situs BuzzFeed yang spesial menyuguhkan konten berbagai resep dan video masak.

Baca Juga: Gordon Ramsay Kritik Keras Baker Pembuat Kue 'Beef Wellington'" selengkapnya

Video resep kentang goreng 15 jam ini dimulai dengan mengupas kentang yang sudah dicuci, lalu diiris tipis-tipis hingga bentuknya menyerupai keripik. Setelah itu kentang yang masih mentah ditaburi dengan garam dan lelehan butter atau margarin.

Bikin Kentang Goreng Selama 15 Jam, Resep Bule Ini Dikritik NetizenBikin Kentang Goreng Selama 15 Jam, Resep Bule Ini Dikritik Netizen Foto: PopSugar/Site

Setelah semua adonan butter dan garam tercampur rata ke dalam irisan kentang. Kentang dimasukkan ke dalam loyang kemudian dipanggang di oven dalam suhu 120 drajat celcius selama 3 jam lamanya.

Tak berhenti hingga di sana, setelah menunggu kentang selama 3 jam, kentang panggang ini kemudian dimasukkan ke dalam kulkas selama 12 jam. Setelah 12 jam, baru kentang dipotong-potong menyerupai potongan puding.

"Orang-orang bertanya apakah buat kentang goreng selama 15 jam hasilnya memuaskan? Bisa saya jawab, ya rasanya sangat enak dan memuaskan," ungkap Amy, yang memasak resep tersebut.

Potongan kentang yang sudah beku ini kemudian digoreng dalam minyak panas hingga seluruh bagian permukaannya terendam. Kentang digoreng garing selama 4 menit, sampai warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan.

Bikin Kentang Goreng Selama 15 Jam, Resep Bule Ini Dikritik NetizenBikin Kentang Goreng Selama 15 Jam, Resep Bule Ini Dikritik Netizen Foto: PopSugar/Site

Terakhir, kentang goreng ini disajikan dengan taburan garam laut sebelum dimakan.

"Rasa kentang goreng ini sangat enak, karena terdiri dari lapisan kentang yang sudah dimarinasi hingga rasanya creamy. Teksturnya juga renyah, membuat saya langsung ngiler hanya dengan melihat kentang ini," puji Amy.

Meski tampilan kentang goreng selama 15 jam ini memang tampak enak dan menggiurkan. Tapi rupanya resep ini justru memancing kritikan dari netizen yang menontonnya.

"Wow masak kentang goreng selama 15 jam? Ditambah banyaknya kandungan minyak yang dipakai," kritik @se**.

Bikin Kentang Goreng Selama 15 Jam, Resep Bule Ini Dikritik NetizenBikin Kentang Goreng Selama 15 Jam, Resep Bule Ini Dikritik Netizen Foto: PopSugar/Site

"Dari tampilannya saja sudah terlihat bahwa kentang goreng ini sangat berminyak," tulis @par**.

"Tampilannya memang enak. Tapi saya tidak mau membuang waktu untuk memanggang kentang selama tiga jam, lalu menunggu kentang selama 12 jam," komen @hey**.

"Resep kentang goreng ini selain membutuhkan waktu selama belasan jam juga bisa memicu kolesterol, karena kadar minyaknya yang tinggi. Duh," komplain netizen lainnya.

Meski mendapatkan banyak kritik, video ini ditonton lebih dari satu juta kali, dan disukai lebih dari 750 ribu pengguna di Instagram.

Baca Juga: Bikin Mashed Potato dari Keripik Kentang, Pria Ini Banjir Kritik!" selengkapnya



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com