ADVERTISEMENT

Kuliner Pasar

7 Rekomendasi Kuliner Enak dan Legendaris di Pasar Beringharjo Yogyakarta

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 24 Mar 2022 17:00 WIB
Pasar Beringharjo yang dulu ramai pemburu batik kini tampak lebih sepi. Para pedagang batik mulai rindu kedatangan wisatawan untuk memborong dagangan mereka. Bila traveler berkunjung ke Malioboro, Yogyakarta pasti tak asing dengan Pasar Beringharjo. Pasar ini termasuk salah satu spot legendaris yang sudah berdiri sejak 1758.
Foto: Rifkianto Nugroho

4. Sate Kere Mbah Suwarni

Suwarni selama berjualan sate kere di Pasar Beringharjo penuh dengan suka duka. Pernah sampai diusir hingga kini satenya jadi incaran wisatawan.Sate Kere Mbah Suwarni merupakan salah satu destinasi kuliner yang terkenal di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Lokasinya ada di pintu selatan Pasar Beringharjo, tepatnya di bawah jembatan.Sate Kere Mbah Suwarni merupakan salah satu destinasi kuliner yang terkenal di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Lokasinya ada di pintu selatan Pasar Beringharjo, tepatnya di bawah jembatan. Foto: Rifkianto Nugroho

Sate kere buatan Mbah Suwarni juga termasuk kuliner enak dan legendaris di Pasar Beringharjo. Sudah ada sejak 38 tahun lalu, sate di sini diracik oleh Mbah Suwarni yang usianya sudah 70 tahunan.

Sate kere sendiri dibuat dari potongan koyor atau sandung lamur, tapi Mbah Suwarni juga menawarkan sate daging. Sate bakal dibumbui beberapa rempah sebelum dibakar. Kemudian saat dibakar, sate bakal dilumuri dengan kecap. Rasanya gurih manis dengan tekstur kenyal. Satu tusuk sate kere dibanderol seharga Rp 3.000 dan sate dagingnya seharga Rp 5.000.

Baca Juga: 37 Tahun Berjualan Sate Kere di Pasar Beringharjo, Ini Perjuangan Mbah Suwarni

5. Jenang Bu Darmini

Jenang Bu Darmini di Pasar Beringharjo Sempat Tutup 10 Bulan karena PandemiJenang Bu Darmini di Pasar Beringharjo tawarkan 4 jenis jenang. Foto: detikcom/Riska Fitria

Kalau mau makan yang manis-manis, mampirlah ke Jenang Bu Darmini yang ada di pintu selatan Pasar Beringharjo. Sejak 1998, Bu Darmini sudah menawarkan jenang pada pengunjung pasar.

Saat ini terdapat 4 jenis jenang yaitu jenang sumsum, jenang mutiara, wajik, dan biji salak. Seporsinya dibanderol Rp 9.000 saja. Rasa manisnya dijamin alami karena Bu Darmini selalu memakai gula asli dan enggan menggunakan pemanis buatan.

Baca Juga: Jenang Bu Darmini di Pasar Beringharjo Sempat Tutup 10 Bulan karena Pandemi

6. Dawet Mbah Hari

Dawet Mbah Hari, dawet legendaris di Pasar Beringharjo sejak 1965.Dawet Mbah Hari, dawet legendaris di Pasar Beringharjo sejak 1965. Foto: Instagram jogjafoodhunter

Kuliner enak dan legendaris di Pasar Beringharjo selanjutnya adalah Dawet Mbah Hari. Lokasi berjualannya ada di los pertama, sisi utara pasar. Banyak pembeli ketagihan dengan cita rasa es dawet yang sudah dijajakan sejak 1965 ini.

Seporsi es dawet Mbah Hari berisi cendol warna-warni, cincau, santan, cairan gula Jawa, dan potongan buah nangka. Harganya hanya Rp 5.000an saja per mangkuk.

7. Sego Empal Bu Warno

Sego Empal Bu Warno adalah kuliner legendaris di Pasar Beringharjo, sejak 1970.Sego Empal Bu Warno adalah kuliner legendaris di Pasar Beringharjo, sejak 1970. Foto: Instagram jogjabikinlaper

Sego Empal Bu Warno atau Warung Empal Bu Warno adalah kuliner legendaris di Pasar Beringharjo. Kiosnya ada di lantai 2 dan kerap dipenuhi pembeli yang ketagihan cita rasa sajian sejak 1970 ini.

Empal racikan Bu Warno memiliki tekstur sangat empuk dan rasanya gurih legit. Selain empal goreng, ada juga lauk babat goreng, iso goreng, koyoran, sayur asem, sayur lodeh, dan sambal korek di sini. Harga per porsi sajian di sini sekitar Rp 22 ribuan saja.



Simak Video "Soto Betawi Legendaris di Pasar Senen"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT