Chef Ukraina dan Penulis Buku Resep Rusia Galang Dana Lewat #CookForUkraine

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 08 Mar 2022 13:00 WIB
Chef Ukraina dan Penulis Buku Resep Rusia Galang Dana Lewat #CookForUkraine
Foto: Instagram cookforukraine
Jakarta -

Serangan Rusia ke Ukraina membuat banyak keluarga dan anak-anak terdampak. Inisiatif mulia bertajuk #CookForUkraine diciptakan chef Ukraina dan penulis buku resep Rusia untuk membantu mereka.

Ukraina kini tengah menjadi sorotan dunia terkait keselamatan warganya di tengah serangan Rusia. Berlandaskan rasa kemanusiaan, banyak pihak tak tinggal diam. Mereka ikut membantu menyelamatkan warga Ukraina.

Celebrity chef Jose Andres, salah satunya. Bersama LSM yang ia inisiasi yaitu World Central Kitchen, dirinya telah mendistribusikan bantuan makanan ke Ukraina dan di perbatasan antara Ukraina dan Polandia.

Menurut Twitter World Central Kitchen, pihaknya telah memberi bantuan makanan hangat untuk para pengungsi yang berada di stasiun kereta di Lvic dan Przemysl, Polandia. Mereka juga bekerja sama dengan restoran di Kyviv untuk membagikan makanan ke rumah sakit dan tempat penampungan.

Baca juga: Bikin Haru! Warga Ukraina Bagikan Teh dan Roti ke Tentara Rusia

Chef Ukraina dan Penulis Buku Resep Rusia Galang Dana Lewat #CookForUkraineInisiatif mulia bertajuk #CookForUkraine diciptakan chef Ukraina dan penulis buku resep Rusia untuk membantu banyak keluarga dan anak-anak di Ukraina. Foto: Instagram cookforukraine

Chef Jose Andres bahkan terjun langsung membantu warga Ukraina. Ia menyetir mobil sendiri dari Polandia menuju bakery di Lviv untuk menyerahkan bantuan lebih dari 181 kilogram (kg) tepung terigu.

"Kami adalah puncak gunung es. Banyak hal terjadi. Pemerintah Polandia melakukan bagian mereka. Organisasi individu. Walikota kota setempat," tutur Andres seperti dikutip dari Food & Wine (8/3/2022).

Bantuan lain yang diberikan untuk warga Ukraina datang dari chef dan penulis makanan Ukraina, Olia Hercules, penulis buku resep Rusia, Dr. Alissa Timoshkina, dan "storyteller cook" Polandia bernama Zuza Zak. Ketiganya meluncurkan Cook for Ukraine, sebuah inisiatif penggalangan dana untuk anak-anak via UNICEF.

"Saya tidak ingin orang terjebak dalam berita utama dan bom lalu melupakan manusia di balik cerita ini," kata Hercules dalam sebuah wawancara. Menurutnya Ukraina adalah negara menarik yang tidak semua orang tahu sebelum peristiwa ini. "Ada tradisi masak dan budaya yang kaya. Sangat mendesak bagi kita untuk bertindak sekarang," katanya.

Baca juga: 7 Makanan Ini Bikin Sperma Melimpah, Cocok Buat Bapak-Bapak!

Chef Ukraina dan Penulis Buku Resep Rusia Galang Dana Lewat #CookForUkraineMelalui pesta makan malam dan penjualan kue, dana yang terkumpul sepenuhnya akan diberikan kepada masyarakat terdampak perang di Ukraina. Foto: Instagram cookforukraine

Ada beberapa cara untuk berpartisipasi serta donasi untuk Cook for Ukraine. Pertama, yang dibuat oleh penyelenggara adalah pesta makan malam dan penjualan kue. Keuntungan dari kegiatan ini disumbangkan ke Cook for Ukraine.

Kedua, adalah hal yang paling simpel. Pengguna media sosial bisa ikut membantu membagikan foto, resep, dan cerita soal makanan Ukraina menggunakan tagar #CookForUkraine.

Ketiga, seseorang bisa langsung berdonasi secara online melalui Just Giving. Saat berita ini ditulis, jumlah donasi yang sudah terkumpul £67.000 atau sekitar Rp 1,2 miliar. Dana ini akan diberikan pada UNICEF Inggris, khusus membantu anak-anak dan keluarga yang terdampak perang.

"Seperti jutaan orang Rusia, saya juga memiliki 'akar' Ukraina, dan tumbuh dengan pola makan yang indah dari hidangan Ukraina dan Rusia," ujar Timoshkina, penulis Salt and Time: Recipes from a Russian Kitchen.

Ia melanjutkan, "Hati saya untuk semua orang Ukraina! Saya berterima kasih kepada Anda semua karena peduli, dan karena mengutamakan kebutuhan anak-anak dan keluarga mereka. Mari memasak untuk perdamaian, untuk kebebasan, untuk kebenaran, untuk akal sehat, untuk pemikiran rasional, dan untuk cinta."

Baca juga: Ini 6 Hal yang Bakal Terjadi Jika Kamu Berhenti Minum Kopi Selama 1 Bulan



Simak Video "Ditemukan Bungkus Indomie di Bekas Markas Pasukan Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)