Ini 6 Hal yang Bakal Terjadi Jika Kamu Berhenti Minum Kopi Selama 1 Bulan

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 08 Mar 2022 06:00 WIB
People drinking coffee high angle view
Foto: iStock
Jakarta -

Dianggap sebagai minuman yang menyehatkan, konsumsi kopi berlebihan ternyata bisa menimbulkan efek samping. Jika mencoba berhenti minum kopi selama sebulan, kira-kira ini efek sampingnya.

Seolah jadi menu rutin yang tak boleh dilewatkan, beberapa orang mengawali harinya dengan minum segelas kopi hangat. Saat memiliki waktu luang atau ingin bersantai, terkadang minuman kopi dingin juga menjadi pilihan.

Baik kopi hitam maupun kopi dengan racikan khusus dan rasa kekinian sudah dianggap sebagai bagian menu setiap hari. Ternyata walaupun beberapa penelitian mengatakan bahwa kopi adalah minuman yang menyehatkan, konsumsi kopi terlalu sering juga memiliki efek samping.

Tammy Lakatos Shame dan Lyssie Lakatos selaku ahli kesehatan pernah mencoba mencari tahu apa yang bisa terjadi ketika tubuh berhenti menerima asupan kopi selama satu bulan. Ternyata ada dampak positif yang bisa didapatkan saat berhenti minum kopi.

Baca juga: 7 Kesalahan Menyeduh Kopi Ini Bikin Rasanya Kurang Enak

Berikut ini 6 efek berhenti minum kopi selama 1 bulan menurut Eat This, Not That (5/3):

Kopi Hitam Bikin Awet Muda dan Panjang UmurBerhenti mengonsumsi kopi dapat membuat otak lebih tenang dan lebih mudah tidur. Foto: Getty Images/iStockphoto/naramit

1. Tidur yang lebih baik

Kafein merupakan komponen yang dapat menstimulasi aktivitas otak dan saraf pusat. Hal ini yang terkadang membuat beberapa konsumen kopi merasa kesulitan tidur setelah menghabiskan secangkir kopi.

Ketika berhenti mengonsumsi kopi, kadar kafein dalam darah semakin lama akan semakin hilang sehingga kualitas tidur akan lebih nyenyak karena aktivitas otak akan lebih tenang. Bahkan konsumsi kopi hingga 6 jam sebelum tidur saja diakui menjadi faktor yang menurunkan kualitas tidur.

2. Mengurangi noda pada gigi

Warna hitam pekat kopi dapat memberikan dampak noda kuning pada gigi jika dikonsumsi terlalu sering atau banyak. Noda menguning ini akan sangat sulit untuk dihilangkan dan mengganggu penampilan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kadar asam yang tinggi dalam minuman memang sangat memengaruhi warna enamel gigi. Berhenti minum kopi yang tinggi kadar asam dikatakan mampu membantu gigi menjadi lebih putih.

Baca juga: 7 Makanan Ini Bikin Sperma Melimpah, Cocok Buat Bapak-Bapak!



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Potato Cheese Bread ala Korea di Tengah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]