ADVERTISEMENT

Jadi 'Chef Rumahan' TikToker Ini Punya 5 Menu Babi yang Super Lezat

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 14 Feb 2022 11:30 WIB
Jadi Chef Rumahan TikToker Ini Punya 5 Menu Babi yang Super Lezat
Foto: TikTok/kania_angelo
Jakarta -

Handal memasak hidangan khas Bali, TikToker bernama Kania ini sering membagikan resep tradisional keluarganya untuk mengolah babi. Seluruh hidangan babinya ini semuanya khas bumbu Bali.

Akun TikTok @kania_angelo terkenal sebagai konten kreator yang sering membagikan olahan babi. Menyiapkan dan memasak seluruh hidangan babi dilakukan oleh tangan Kania sendiri secara langsung.

Saat dihubungi oleh detikcom (13/2) Kania mengakui kemampuannya ini didapatkan karena sering membantu ayahnya untuk memasak lawar dan berbagai hidangan lain untuk galungan. Kebiasaan ini kemudian terus berlanjut setelah ayahnya sakit dan membuat Kania harus menggantikan tugas ayahnya.

Seluruh hidangan babi yang dimasaknya ini menggunakan bumbu tradisional khas Bali. Resep keluarga yang dijaga turun temurun ini diakui Kania punya kelezatan yang luar biasa.

Baca juga: Sisca Kohl Bikin Es Krim Babi Panggang, Banyak Netizen Emosi

Berikut ini 5 hidangan babi yang dimasak oleh Kania pada akun TikTok @kania_angelo:

Jadi 'Chef Rumahan' TikToker Ini Punya 5 Menu Babi yang Super LezatMembuat sosis babi secara tradisional, TikToker ini memasak secara manual hingga menjemurnya selama seminggu. Foto: TikTok/kania_angelo

1. Sosis babi

Membuat sosis babi secara tradisional, Kania telah menyiapkan usus babi yang sangat panjang lengkap dengan berbagai bahan lainnya. Seluruh proses pembuatan sosis babi ini benar-benar dilakukan secara tradisional dan sederhana termasuk alat-alat memasak yang digunakan.

Mulai dari menghaluskan bumbu, mengisi cincangan daging babi ke dalam usus babi hingga proses penjemuran. Karena hanya mengandalkan panas matahari, Kania mengungkapkan dirinya membutuhkan waktu selama satu minggu untuk membuat sosis dari usus babinya itu benar-benar kering.

Berbekal tali dan sebuah pipa kecil, Kania membuat tempatnya sendiri untuk menjemur sosis babi di halaman rumahnya. Setelah satu minggu, sosis dari usus babi benar-benar kering dan baru bisa digoreng untuk disantap. Menurut Kania rasa sosisnya ini lezat dan sedikit asin.

2. Samsam

Resep samsam ala Kania ini menjadi salah satu video yang paling viral yang pernah diunggahnya. Daging babi yang tebal direbus terlebih dahulu sebelum disayat dan diolesi bumbu halus khas Bali.

Membuat samsam berukuran yang cukup besar, gulungan daging babi buatan Kania ini bahkan sempat hancur saat dipanggang di dalam oven. Setiap beberapa waktu sekali, Kania akan mengoleskan bumbu untuk membuat kulit babinya jadi lebih kriuk.

Walaupun sempat hancur di dalam oven, setelah matang ternyata samsam buatan Kania ini berhasil. Warnanya yang merah kecokelatan benar-benar matang sempurna hingga ke bagian dalam samsamnya. Saat di'tes kriuk' pun kulit babinya berhasil matang hingga garing.

Baca juga: Rendam Kepala Babi dalam Soda, Food Vlogger ini Coba Keluarkan Cacing

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT