5 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Ini Bisa Ringankan Gejala Omicron

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 07 Feb 2022 06:00 WIB
makanan atasi sakit tenggorokan
Foto: iStock
Jakarta -

Tak lagi sekadar flu dan batuk, gejala sakit tenggorokan juga perlu diwaspadai. Menurut ahli kesehatan ada lima bahan alami rumahan yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

Tidak lagi hanya flu, batuk dan demam, perkembangan varian virus yang baru membuat lebih banyak gejala yang patut diwaspadai. Salah satunya yang banyak dikeluhkan adalah sakit tenggorokan seperti panas dalam.

Banyak kasus penyintas Covid-19 yang awalnya mengeluhkan gejala tersebut dan setelah diperiksa, mereka terindikasi positif Covid-19. Selain menjaga kekebalan imunitas tetap prima tentunya ada langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah gejala-gejala serupa menjadi lebih parah.

Gejala berupa sakit tenggorokan ternyata tak hanya bisa diatasi dengan obat-obatan saja. Banyak sekali bahan-bahan alami yang diungkapkan oleh ahli kesehatan ampuh untuk menjadi pengobatan langkah pertama yang bahkan tersedia banyak di dapur-dapur rumah.

Baca jua: Cegah Omicron! 7 Makanan Tinggi Vitamin B6 Ini Bisa Tingkatkan Imunitas

Berikut ini 5 racikan dan bahan alami rumahan yang bisa meredakan sakit tenggorokan menurut Pen Medicine:

makanan tinggi garamMemiliki khasiat meredakan inflamasi dan membunuh bakteri, berkumur dengan air garam bisa menjadi alternatif untuk meredakan sakit tenggorokan. Foto: iStock

1. Air garam

Walaupun tidak memberikan efek secara instan tetapi air garam dikatakan ampuh untuk membantu membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Selain itu, berkumur dengan air garam juga diungkapkan mampu mengencerkan dahak dan meredakan rasa sakit atau gatal pada rongga tenggorokan.

Cara membuatnya pun cukup mudah untuk dilakukan di rumah. Larutkan satu sendok teh garam pada secangkir air hangat. Kumur selama beberapa detik dan buang semua air garam usai berkumur.

2. Madu

Dikenal sebagai bahan alami yang paling banyak manfaatnya, konsumsi madu sangat baik untuk meredakan inflamasi terutama pada rongga tenggorokan. Madu juga memiliki komponen alami yang mampu melawan virus infeksius menurut Charlotte Smith, dokter di Penn Urgent Care.

Jika kamu mengalami batuk yang cukup berat hingga rasanya sangat menyakitkan bagi tenggorokan, coba konsumsi madu secara rutin. Selain dikonsumsi secara langsung, madu juga bisa dicampurkan ke dalam segelas teh hangat sebanyak dua sendok makan dan baik untuk dikonsumsi beberapa kali dalam satu hari.

Baca juga: Sisca Kohl Bikin Es Krim Babi Panggang, Banyak Netizen Emosi

Simak video 'Kasus Omicron Melonjak, Akankah Tabung Oksigen Langka Seperti Saat Delta?':

[Gambas:Video 20detik]