4 Trik Cerdas untuk Hidrasi Setiap Hari, Gampang Ditiru!

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 01 Feb 2022 08:00 WIB
Attractive woman looking away while drinking fresh glass of water. Horizontal Shot.
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pemenuhan kebutuhan cairan tubuh atau hidrasi terdengar mudah, tetapi sulit untuk dilakukan. Ahli gizi memberikan empat tips mudah untuk hidrasi sehari-hari.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari bukan sekadar mengatasi rasa haus pada tenggorokan. Proses ini patut dimaksimalkan demi membuat tubuh bisa berfungsi secara optimal.

"Minum cukup air setiap hari adalah hal krusial untuk banyak alasan: untuk mengatur temperatur tubuh, mencegah infeksi, mengantarkan nutrisi masuk ke dalam sel-sel tubuh hingga menjaga organ tubuh agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya," menurut catatan Harvard University's T.H Chan School of Public Health.

Kebutuhan hidrasi tubuh pada masing-masing orang berbeda. Hal ini dipengaruhi berat badan, gaya hidup, dan jenis kelamin masing-masing tubuh manusia. Ternyata ada cara mudah untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tersebut.

Baca juga: 7 Kesalahan Hidrasi Tubuh, Tak Hanya Soal Cukup Minum Air

Berikut ini 4 cara mudah memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh menurut Eat This, Not That (30/1):

glass of water on tableTak hanya menyegarkan, minuman dingin juga bisa diandalkan untuk mencukupi kebutuhan hidrasi. Foto: iStock

1. Konsumsi minuman dingin

Saat menikmati minuman yang dingin pastinya akan terasa begitu menyegarkan di tenggorokan. Cara ini ternyata juga ampuh untuk hidrasi tubuh setiap hari.

"Penelitian menunjukkan bahwa minuman dingin mampu meningkatkan termoregulasi yang lebih baik selama aktivitas yang dilakukan di lingkungan bersuhu panas," kata Brian Bender selaku ahli gizi bersertifikasi sekaligus co-founder Intake Health.

Bahkan trik mengonsumsi minuman dingin untuk memenuhi kebutuhan dehidrasi ini juga diterapkan oleh beberapa atlet yang berkonsultasi pada Intake Health. Cara ini dikatakan terbukti mengatasi hidrasi yang keluar melalui keringat bersama elektrolit.

2. Pilih minuman elektrolit sebagai alternatif

Banyak dipilih karena dianggap lebih menyegarkan saat diminum setelah berolahraga, ternyata minuman elektrolit terbukti dapat mengatasi dehidrasi pada tubuh. Manfaat ini datang dari kandungan sodium dan potassium yang ada di dalamnya.

"Minum air dengan kandungan elektrolit, terutama minuman elektrolit yang mengandung sodium dan potassium yang dapat meningkatkan rehidrasi setelah berolahraga," kata Bender.

Kandungan sodium dibutuhkan karena saat berkeringat cadangan sodium ikut keluar dari dalam tubuh. Sodium perlu digantikan cadangannya karena diperlukan untuk mengelola osmolalitas darah yang optimal.

Baca juga: Apes! Pengantar Kulkas Ini Dipecat Usai Dijebak Pelanggannya



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]