7 Kesalahan Hidrasi Tubuh, Tak Hanya Soal Cukup Minum Air

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 10 Des 2020 06:00 WIB
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Foto: iStock
Jakarta -

Hidrasi tubuh tak sekadar minum cukup air putih. Ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan, termasuk menghindari 7 kesalahan hidrasi tubuh berikut.

Tubuh manusia terdiri dari 60% air. Karenanya memenuhi kebutuhan tubuh akan air (hidrasi) menjadi hal yang penting untuk menjaga tubuh tetap berfungsi optimal. Minum cukup air juga memberikan banyak kebaikan bagi tubuh selain menghidrasi.

Minum cukup air sepanjang hari bisa membuat kulit bercahaya, mempertahankan berat badan yang sehat, hingga mengeluarkan racun dari tubuh. Hidrasi yang cukup bahkan dapat memengaruhi suasana hati seseorang menjadi lebih baik.

Mencukupi cairan tubuh sebenarnya tak sekadar minum 8 gelas air sehari. Banyak hal yang perlu diperhatikan terkait pemenuhan cairan tubuh secara maksimal.

Bukan hanya jumlah air yang diasup, tetapi waktu minum air juga harus diperhatikan. Dirangkum dari Brightside (24/11), berikut ini 7 kesalahan hidrasi tubuh yang perlu dihindari:

1. Minum Setelah Olahraga

Kesalahan Hidrasi TubuhKesalahan Hidrasi Tubuh Foto: iStock

Minum air setelah berolahraga memang membantu hidrasi tubuh, tetapi ada hal yang tak kalah penting. Kamu juga dianjurkan minum cukup air sebelum dan selama berolahraga.

Pasalnya jika memulai olahraga dengan kondisi cairan tubuh yang kurang akan membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan saat berolahraga dan berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik. Tetapi tidak perlu fokus menghidrasi dengan hanya air untuk mengembalikan keseimbangan cairan, pemenuhan cairan bisa juga dengan minum air kelapa, teh hitam atau hijau, dan bahkan susu coklat yang akan sama menghidrasinya seperti air.

Baca Juga: Apakah Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan? https://food.detik.com/info-sehat/d-5241836/apakah-banyak-minum-air-putih-bisa-turunkan-berat-badan

2. Hidrasi Bukan Hanya Air Mineral

Secangkir kopi atau teh saat pagi bisa juga berfungsi sebagai minuman yang menghidrasi. Meskipun minuman ini sebagian besar mengandung kafein, tetapi tetap menambah jumlah cairan yang didapatkan tubuh setiap hari.

Menurut sebuah penelitian, minum sekitar 3,5 cangkir kopi per hari akan membuat tubuh tetap terhidrasi seperti minum hanya air. Jadi, menghidrasi tubuh tidak melulu soal minum air putih.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Ayam Bakar Taliwang Jurang Mangu yang Hits"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com