8 Makanan Enak Ini Ternyata Berkhasiat Untuk Kesehatan Mata

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 31 Jan 2022 05:00 WIB
ilustrasi mata
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Tidak hanya wortel, ternyata banyak makanan enak yang juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Ada ubi, telur hingga pepaya semuanya juga dipercaya berkhasiat untuk jernihkan penglihatan.

Selama ini kesehatan mata selalu dikaitkan dengan wortel. Ternyata tak hanya sayuran berbentuk kerucut berwarna oranye itu saja, ada juga beberapa makanan enak lainnya yang dipercaya berkhasiat untuk mata.

Semua makanan yang mengandung vitamin A dianggap memiliki kunci utama untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan beberapa jenis makanan ini dianggap memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap daripada wortel.

Ada kandungan vitamin C, vitamin E, Zinc, selenium dan omega-3 yang juga diperlukan oleh tubuh terdapat pada beberapa makanan lain selain wortel. Semua makanan enak ini bisa dikonsumsi sebagai camilan maupun dicampurkan ke dalam menu utama makanan sehari-hari.

Baca juga: Siapa yang Sepatutnya Bayar Makan Saat Kencan Pertama? Ini Kata Netizen

Berikut ini 8 makanan enak yang baik untuk menjaga kesehatan mata menurut Eating Well (25/1):

ubi panggangWarna oranye pada ubi tanda bahwa ubi mengandung karoten yang tinggi. Manfaatnya dapat menjadi kesehatan kornea mata. Foto: Taylorkbarclay/Instagram

1. Ubi

Kandungan vitamin A yang tinggi pada sebuah makanan mampu membantu menjaga kesehatan kornea dan interpretasi sinyal pada penglihatan. Walaupun wortel dikatakan memiliki kandungan vitamin A yang baik tetapi ubi juga tak kalah tinggi kadar vitamin A-nya dan manfaatnya untuk kesehatan mata.

Kandungan vitamin A pada ubi jalar bahkan diakui terkandung tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan wortel. Hal ini dibuktikan oleh ahli melalui warna oranye pekat pada ubi jalar yang dihasilkan oleh kandungan karoten yang begitu tinggi.

2. Bayam dan Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau pekat seperti bayam memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang begitu tinggi. Dua jenis karote ini mampu membantu menjaga kesehatan retina mata.

Berperan sebagai antioksidan, lutein dan zeaxanthin mampu menyerap kadar paparan sinar biru yang dapat merusak mata dan mencegahnya masuk ke dalam mata. Semakin tinggi konsumsi bayam dan sayuran berdaun hijau maka semakin tinggi perlindungan bagi degenerasi penglihatan hingga katarak.

3. Telur

Telur merupakan salah satu sumber karotenoid lutein dan zeaxanthin yang sangat baik. Nutrisi yang padat pada telur ini didapatkan dari pola makan ayam yang semasa hidupnya diberi pakan padat nutrisi.

Telur secara alami mengandung lutein dan zeaxanthin tetapi telur yang difortifikasi akan memiliki kandungan tersebut dalam kadar yang lebih tinggi. Menurut penelitian pada Clinical Nutrition in 2020, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi empat hingga enam telur dalam seminggu selama 15 tahun memiliki perkembangan penurunan penglihatan yang lebih rendah.

Baca juga: 5 Pola Makan Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Mata

Simak juga 'Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone':

[Gambas:Video 20detik]