5 Pola Makan Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Mata

Diah Afrilian - detikFood Senin, 13 Sep 2021 10:30 WIB
Portrait of young beautiful woman relaxing at cafe drinking coffee. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kesehatan mata juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan. Lima pola makan ini diklaim bisa bantu tajamkan penglihatan.

Nutrisi yang masuk ke tubuh melalui makanan memiliki banyak manfaat karena dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh agar tetap normal. Mulai dari tulang, kulit, hingga kesehatan mata membutuhkan asupan nutrisi sehat yang cukup agar terjaga kesehatannya.

Menyeimbangkan asupan nutrisi dengan pola hidup yang sehat juga menjadi kunci utama untuk menjaha organ tubuh agar terap berfungsi normal. Tidak menatap layar gadget terlalu lama, memberikan jeda mata, untuk beristirahat hingga konsumsi makanan bernutrisi bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Terutama makanan-makanan yang mengandung vitamin A sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan ketajaman penglihatan. Para ahli menyarankan beberapa pola makan dan pola hidup tertentu untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut ini 5 pola makan untuk menjaga kesehatan mata:

healthy fresh mixed fruits on white wooden tableFoto: Getty Images/iStockphoto/SherSor

1. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin

Disamping kebutuhan vitamin untuk menjaga imunitas tubuh, kekuatan tulang serta menjaga kesehatan organ tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin juga diperlukan guna menjaga kesehatan mata dan ketajaman penglihatan. Beberapa vitamin bahkan secara khusus direkomendasikan ahli untuk dikonsumsi secara rutin demi menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Menurut American Optometric Association, vitamin seperti vitamin A, C serta E sangat dibutuhkan oleh mata untuk mencegah gangguan dan penyakit yang mungkin terjadi. Ketiga vitamin tersebut bahkan diklaim ampuh untuk atasi penyakit mata seperti katarak hingga penurunan fungsi otot mata.

Secara alami, vitamin-vitamin yang direkomendasikan ini bisa didapatkan melalui asupan buah-buahan yang asam, tomat, kacang-kacangan hingga ikan yang mengandung banyak minyak sehat. Menambahkan makanan-makanan tersebut ke dalam pola diet harian dinilai sangat baik untuk menjaga kesehatan mata secara menyeluruh.

Baca juga: 6 Makanan Tinggi Vitamin A untuk Jaga Kesehatan Mata

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com