Siapa yang Sepatutnya Bayar Makan Saat Kencan Pertama? Ini Kata Netizen

ADVERTISEMENT

Siapa yang Sepatutnya Bayar Makan Saat Kencan Pertama? Ini Kata Netizen

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 30 Jan 2022 10:30 WIB
hindari makanan ini saat kencan
Foto: iStock
Jakarta -

Perdebatan tentang siapa yang harus membayar saat kencan pertama sempat viral. Netizen asal Malaysia ini mencoba menjelaskan siapa yang seharusnya membayar pada saat kencan pertama.

Menjadi momen pertama kali bertemunya sepasang kekasih, hal-hal yang dilakukan saat kencan pertama dinilai cukup sensitif. Beberapa waktu lalu bahkan sempat viral di media sosial tentang seorang wanita yang mengeluhkan pria yang mengajak dirinya kencan tak mau membayarkan makanan saat kencan pertama.

Keluhan yang disampaikan pada media sosial tersebut kemudian memecah netizen. Sebagian netizen setuju bahwa pria harus membayar saat kencan pertama, sedangkan sebagian lainnya tak setuju dengan pernyataan tersebut.

Setelah cuitan di media sosial tersebut viral, banyak pria yang mengaku menjadi kebingungan apa yang seharusnya mereka lakukan untuk menyenangkan kekasihnya? Pasangan asal Malaysia ini mencoba menjelaskan siapa yang berkewajiban untuk membayar saat kencan pertama.

Baca juga: Pelit! Pria Ini Hanya Beli Satu Porsi Makanan Saat Ajak Pacarnya Makan Bareng

kencan dengan veganMenjadi perdebatan di media sosial, seorang netizen asal Malaysia jelaskan bahwa pria punya kewajiban untuk membayar makanan terlebih dahulu. Tetapi menurutnya bukan hal yang salah jika wanita ini membayarnya sebagian. Foto: Getty Images

Mengutip melalui Says (28/1) seorang pria bernama Dan yang berusia 28 tahun mencoba menjelaskan kapan pria harus membayar makanan saat kencan pertama. Ia mengatakan bahwa jika seorang wanita mengatakan ingin membagi dua tagihan makan atau membayar setengahnya maka pria tak harus membayar secara penuh. Tetapi ketika wanita tidak mengatakan apapun, di saat seperti ini pria harus membayar makanan lebih dulu.

"Aku masih mempercayai kesopanan jadi laki-laki harus membayar saat kencan pertama. Tetapi jika wanitanya bersedia membayar sebagian, ya itu pilihan mereka. Tetapi jika mereka tak mengatakan apapun, pria harus selalu membayarnya terlebih dahulu," kata Dan.

Sedangkan menurut pendapat dari seorang wanita bernama Fiona. Saat kencan pertama tidak seharusnya wanita dibayari saat makan oleh kekasih prianya. Fiona mengungkapkan bahwa biasanya saat kencan pertama merupakan masa pendekatan atau pengenalan di mana posisi mereka masih sebagai orang yang baru mengenal.

"Jika kamu masih dalam tahap untuk mengetahui satu sama lain dan belum memiliki perasaan yang serius, apakah kamu akan membiarkan orang lain membayar makananmu? Tidak semua hubungan bisa berjalan dengan baik. Aku lebih merasa tidak nyaman jika orang asing membayar makananku," kata Fiona (26).

Baca juga: 5 Kisah Kencan Paling Menyebalkan, Tak Bawa Dompet hingga Bayari Makan Sekeluarga

hindari makanan ini saat kencanMemiliki pendapat yang berbeda, wanita ini mengungkapkan dirinya justru tak nyaman jika dibayari saat kencan pertama. Ia menilai sosok yang ditemuinya saat kencan pertama masih orang asing belum menjadi kekasih. Foto: Getty Images

Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa kencan pertama seharusnya menyenangkan dan santai bukan menjadi beban saat kamu terpaksa harus membayar makanan orang lain. Jika ingin suatu hubungan berjalan lancar, Ihsan (27) menilai tidak ada satu pun orang antara kedua kekasih yang baru bertemu harus merasa bertanggung jawab atas makanan orang lain.

"Aku berpikir bahwa kedua pihak harus berpikir bahwa mereka akan membayar makanan masing-masing. Tidak ada satu pun yang seharusnya merasa berkewajiban membayar makanan saat kencan pertama. Berkencan itu kegiatan yang seharusnya santai dan menyenangkan. Jika kamu selalu diharapkan membayar makan, itu pasti akan sangat membebani," kata Ihsan.

Setuju dengan pertanyaan Ihsan, perempuan bernama Jane juga berpendapat bahwa hal yang harus ditekankan dari kencan pertama adalah apakah waktu kencan terasa menyenangkan? Jane mengaku akan memilih pria yang menyenangkan dibandingkan mereka yang hanya bersedia untuk membayar makan tetapi tidak bisa membangun suasana.

"Aku tidak keberatan siapa yang membayar tetapi jika mereka melakukan itu dengan menyenangkan maka saat itu menjadi waktu yang terbaik. Hal itu (menyenangkan) menjadi alasan yang membuatku ingin melakukan kencan di waktu selanjutnya," kata Jane (34).

Kencan pertama seharusnya menjadi penentu bagaimana sebuah hubungan bisa berjalan dengan baik. Bukan hanya sekadar siapa yang berkewajiban untuk membayar tetapi ada tanggung jawab untuk memastikan pasanganmu merasa bahagia saat kencan pertama. Bagaimana menurut kamu? Perlukah laki-laki harus tetap membayar makan saat kencan pertama?

Baca juga: Ini 4 Cara Konsumsi Jintan agar Berat Badan Cepat Turun



Simak Video "Intip 5 Rekomendasi Tempat Kencan Valentine Romantis!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT