ADVERTISEMENT

30 Resep Barbeque Party

5 Tips Bakar Ikan Agar Dagingnya Tak Hancur dan Bumbunya Meresap

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 31 Des 2021 10:30 WIB
Ikan Bakar Dabu-Dabu, the popular grilled fish dish from Manado, North Sulawesi. The fish is lightly seasoned then grilled; served with the spicy tomato salsa. The fish is plated on a wooden serving block lined with layers of broad green leaves. Accompanied with extra salsa and limes.
Foto: iStock

3. Cara Membelah

Tidak bisa sembarangan, membelah ikan juga ada tekniknya sendiri. Membelah ikan secara horizontal dari kepala hingga bagian ekornya dinilai menjadi cara terbaik jika ingin membuat ikan bakar sebagai menu bakar-bakaran tahun baru.

Cara ini juga bertujuan agar saat dibakar ikan bisa matang dengan merata hingga ke bagian dalamnya walaupun pada ikan berdaging tebal sekalipun. Selain matangnya merata, membelah ikan secara horizontal juga bertujuan untuk memudahkan pengolesan bumbu agar semua bagian daging di bagian dalam bisa terlumur bumbu dengan sempurna.

4. Mengoleskan Bumbu

tips ikan bakarFoto: iStock

Tidak memerlukan waktu marinasi yang terlalu lama, membuat ikan bakar untuk menu bakar-bakaran tahun baru sebenarnya cukup sederhana. Hanya saja jika ingin bumbunya meresap lebih sempurna perlu melakukan beberapa kali pengulangan mengoles bumbu saat pembakaran pada saat-saat yang tepat.

"Ikan itu paling gampang untuk dibakar. Teksturnya yang lembut membuat ikan lebih mudah meresap bumbu. Kita biasanya mengoleskan bumbu itu dua kali, sebelum dibakar sama ketika ikan sudah setengah matang agar bumbunya meresap," kata Louis.

5. Proses Pembakaran Ikan

Daging ikan yang lembut tidak memerlukan waktu pemasakan yang lama. Berkutat dalam dunia seafood dan ikan selama belasan tahun, Louis menyarankan untuk tidak memasak seafood atau ikan terlalu lama agar dagingnya tidak menjadi alot dan tetap lembut.

"Saat membakar ikan jangan menggunakan terlalu banyak ikan. Kalau kita biasanya menggunakan alas daun pisang biar nggak lengket. Selain matangnya jadi merata, aroma wanginya juga lebih kuat dan tidak lengket," kata Louis.

Baca juga: 7 Pola Makan Sehat untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi



Simak Video "KuTips: Penting! 4 Cara Tepat Mengolah Daging Saat Darurat PMK"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT