Nyamm! Asam Segar Rujak Strawberry Jadi Jajanan Favorit di Bangladesh

ADVERTISEMENT

Nyamm! Asam Segar Rujak Strawberry Jadi Jajanan Favorit di Bangladesh

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 29 Des 2021 16:00 WIB
Segarnya Rujak Strawberry di Bangladesh
Foto: TikTok/littleworld225
Jakarta -

Asam dan segar, di Bangladesh ada rujak yang juga jadi jajanan kaki lima populer. Rujak strawberry ini menjadi jajanan yang paling diminati orang-orang.

Rasa rujak yang pedas, asam, dan segar membuat banyak orang suka menyantapnya di waktu luang. Kesegaran yang diberikan dianggap ampuh membuat mata melek setelah lelah beraktivitas.

Di Indonesia, rujak biasanya dihidangkan dengan beragam potongan buah. Bumbunya yang terbuat dari gula merah, cabai, dan berbagai bumbu lain membuat rujak makin enak.

Di Bangladesh ternyata rujak juga cukup terkenal dan menjadi jajanan kaki lima populer di pasar. Pembeli rujak bahkan harus antre untuk mendapatkan seporsi rujak. Uniknya, ada buah khusus yang digunakan untuk membuat rujak di Bangladesh.

Baca juga: Duh! Pria Ini Hanya Dapat Cokelat Usai Menantikan iPhone 13 Miliknya

Segarnya Rujak Strawberry di BangladeshSegarnya Rujak Strawberry di Bangladesh Foto: TikTok/littleworld225

Mengutip TikTok @littleworld225 (28/12) di salah satu pasar di Bangladesh terlihat ada sebuah pedagang jajanan kaki lima yang cukup menyita perhatian. Setumpuk strawberry terlihat menggunung di atas wadah yang disajikannya.

Bersama dengan botol-botol berisi racikan bumbu, ternyata jajanan kaki lima yang satu ini adalah rujak strawberry. Asam, pedas dan segar rasanya membuat rujak khas Bangladesh ini menjadi jajanan kaki lima yang cukup digemari terutama pada siang hari.

Ketika ada yang memesan, penjual akan dengan cekatan mengiris buah-buah strawberry dan diletakkan di dalam stoples. Kemudian berbagai jenis bumbu seperti bubuk cabai, bumbu kuning menyerupai kari, garam dan berbagai bumbu lainnya dituangkan.

Setelah ditaburkan bumbu, penjual akan mengocok semua bumbu dengan irisan strawberry hingga tercampur merata. Jarang ditemui di berbagai negara di belahan dunia lainnya keterangan dalam video tersebut bahkan dituliskan, "Jajanan kaki lima Bangladesh yang unik."

Baca juga: 5 Tips Mudah Jaga Berat Badan Setelah Berhasil Diet

Segarnya Rujak Strawberry di BangladeshSegarnya Rujak Strawberry di Bangladesh Foto: TikTok/littleworld225

Setelah dikocok merata, terlihat semua irisan strawberry sudah terlumuri bumbu dengan sempurna. Disajikan di atas wadah yang menggunakan beberapa lembar tumpukan kertas, penjual rujak ini akan menyajikan irisan rujak strawberrynya kepada pelanggan.

Disaksikan hingga lebih dari 193 ribu kali, unggahan ini dipenuhi dengan beragam komentar netizen yang terpukau dengan hidangan tersebut. Bahkan kolom komentarnya juga dipadati oleh orang Indonesia yang merasa seperti melihat hidangan rujak asal Indonesia.

"Stroberi bumbu balado, kalo di Indonesia pakai singkong singkong namanya bisa berubah jadi tela-tela," tulis akun @linxiao.kang.

"Mitip indo ya 11 12, reusable. Kertas surat bu Susi ada jadi bungkus gorengan, ini jadi bungkus rujak stroberi," tulis akun @harry_aja1.

Baca juga: Super Hemat! Pria Ini Punya Trik Makan Steak Salt Bae Hanya Rp 478 Ribu



Simak Video "Masak Masak: Mengolah Cumi Pedas Bumbu Rujak yang Empuk"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT