7 Makanan Ini Masih Aman Dikonsumsi Meski Lewat Tanggal Kadaluarsa

ADVERTISEMENT

7 Makanan Ini Masih Aman Dikonsumsi Meski Lewat Tanggal Kadaluarsa

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 01 Des 2021 07:00 WIB
Wali Kota Jakarta Pusat bersama BPOM dan sejumlah lembaga gelar sidak jelang Natal dan tahun baru. Sejumlah bahan makanan busuk dan kadaluarsa pun ditemukan.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Produk makanan yang dijual di pasaran biasanya memiliki tanggal kadaluarsa. Ternyata ada tujuh bahan makanan yang masih aman untuk dikonsumsi meski sudah lewat tanggal kadaluarsanya.

Salah satu syarat sebuah produk makanan boleh dijual di pasaran adalah memiliki tanggal keterangan kadaluarsa pada bagian kemasannya. Tanggal kadaluarsa berfungsi menunjukkan batas waktu terbaik untuk mengonsumsi bahan makanan tertentu.

Tanggal kadaluarsa seringkali menjadi patokan utama seseorang untuk pertimbangan membeli produk makanan. Ternyata makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa tidak berarti sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Tanggal kadaluarsa hanya patokan waktu terbaik untuk mengonsumsi makanan tersebut. Sebuah produk makanan tidak akan langsung rusak dan tak layak konsumsi ketika melewati tanggal kadaluarsa tersebut. Bahkan ada beberapa makanan yang masih layak untuk dikonsumsi walaupun sudah melewati tanggal kadaluarsanya.

Berikut ini 7 makanan yang masih aman dikonsumsi meski sudah melewati tanggal kadaluarsa:

menyimpan telurFoto: Thinkstock

1. Telur

Pada kemasan kardus telur biasanya tertulis bahwa telur sebaiknya disimpan tidak lebih dari lima minggu di dalam kulkas. Sebagai bahan makanan yang segar, banyak sekali orang yang tidak ingin mengambil risiko untuk menyimpan telur dalam jumlah lebih banyak karena dianggap lebih mudah busuk.

Nyatanya, rusaknya kualitas telur dan kelayakan telur untuk dimakan ini hanya bisa ditentukan dari warna, bau dan kekentalan telur itu sendiri. Maka tidak ada cara lain untuk memastikan apakah telur masih segar atau tidak sebelum cangkangnya dipecahkan.

2. Keju dan Mentega

Tak banyak yang tahu bahwa keju dan mentega menjadi produk bahan makanan sekaligus olahan susu yang paling mudah untuk disimpan. Hard cheese atau keju yang teksturnya cenderung keras bahkan mampu bertahan hingga lebih dari enam minggu di dalam lemari pendingin selama tidak menyerap air dan disimpan pada permukaan yang kering.

Sedangkan untuk mentega yang sudah dibuka mampu bertahan satu hingga dua bulan setelah masa kadaluarsanya. Jika kamu lupa pernah menyimpan mentega dan masih tersimpan dengan rapat, mentega tersebut bahkan mampu bertahan hingga dua sampai tiga bulan setelah tanggal kadaluarsa.

Baca juga: Usil! Majikan Ini 'Prank' ART dengan Berikan Kerupuk Kulit Babi

3. Susu dan Yogurt

Banyak orang begitu waspada terhadap konsumsi susu dan produk olahannya. Biasanya mereka memilih produk dengan tanggal kadaluarsa paling lama.

Ternyata selama susu tersimpan dengan rapat dan disimpan dalam suhu ruang yang stabil, susu akan mampu bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal ini juga berlaku pada susu dan produk olahannya seperti yogurt. Susu bisa dikatakan rusak jika rasanya mulai berubah menjadi asam dan sedangkan yogurt mampu bertahan hingga dua minggu setelah masa kadaluarsanya terlewati.

4. Sereal

Sarapan Pizza Lebih Sehat Daripada Sereal ManisFoto: Getty Images/iStockphoto

Pada kemasan sereal, tanggal kadaluarsa yang tercantum bukan menunjukkan batas kelayakan konsumsi produk sereal tersebut. Pada kemasan sereal, tanggal kadaluarsa yang tercantum hanya menunjukkan batas waktu terbaik untuk menikmati sekotak sereal yang belum berubah rasanya.

Sereal yang masih tersimpan rapat dalam kemasannya mampu bertahan selama enam hingga dua belas bulan setelah masa kadaluarsa jika disimpan pada rak dapur. bahkan untuk sereal yang sudah dibuka juga dikatakan masih mampu bertahan setelah masa kadaluarsa mulai dari empat hingga enam bulan setelahnya.

5. Selai Kacang

Selai kacang yang sudah pernah terbuka kalengnya dan disimpan di rak dapur mampu bertahan hingga dua sampai tiga bulan. Sedangkan jika disimpan di dalam kulkas atau lemari pendingin, selai kacang bahkan yang sudah terbuka sekalipun mampu bertahan hingga enam sampai sembilan bulan.

Jika kamu masih memiliki persediaan selai kacang yang rapat kemasannya dan melihat tanggal kadaluarsanya sudah terlewati, jangan langsung dibuang. Selai kacang yang kemasannya masih tertutup rapat dikatakan mampu bertahan selama dua hingga empat bulan setelah melewati tanggal kadaluarsa pada kemasan.

Baca juga: Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini

6. Keripik, Kue Kering, Biskuit

Sekantong keripik kentang masih rapat dan tersimpan utuh mampu bertahan hingga satu bulan lamanya setelah tanggal kadaluarsa terlewati. Tidak akan ada efek berbahaya dari konsumsi keripik kentang yang sudah melewati tanggal kadaluarsa kecuali kerenyahan keripik yang sudah hilang.

Sedangkan untuk kue kering mampu bertahan hingga tujuh hari sampai tiga minggu jika disimpan dalam freezer dan dihangatkan ketika ingin disantap. Berbeda lagi dengan biskuit. Biskuit bahkan mampu bertahan lebih lama, yaitu hingga tiga bulan setelah melewati tanggal kadaluarsa.

7. Daging dan Ikan

Man preparing meat in kitchenFoto: Getty Images/iStockphoto/serezniy

Banyak orang yang sangat khawatir daging dan ikan yang disimpan akan membusuk jika disimpan lebih dari tanggal kadaluarsa yang tertera. Padahal, kedua bahan ini masih bisa bertahan mulai dari 5 bahkan hingga 12 bulan jika penyimpanannya tepat.

Ikan jika disimpan dalam lemari pendingin atau bahkan freezer mampu bertahan dalam penyimpanan setidaknya 5 hari setelah tanggal yang tertera dalam kemasan. Sedangkan untuk daging dipisahkan berdasarkan jenis dan bagian potongan daging itu sendiri. Daging untuk steak yang dibekukan bisa bertahan 4 hingga 12 bulan, daging utuh yang masih mentah mampu bertahan 3 hingga 4 bulan, sedangkan untuk daging olahan bisa bertahan mulai 1 hingga 2 bulan.

Baca juga: Waspada! Ini 6 Ciri Rumah Makan yang Pakai Bantuan Jin dan Pesugihan



Simak Video "Makan Sukiyaki 'Peninggalan' Warkop DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT