Li Ziqi YouTuber China Kembali Aktif, Pamer Masak Sup Pedas China

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 27 Nov 2021 17:00 WIB
Li Ziqi YouTuber China Kembali Aktif, Pamier Masak Sup Pedas China Foto: Instagram cnliziqi
Jakarta -

Setelah 'menghilang', Li Ziqi kini kembali aktif mengunggah video di Instagram. Ia terlihat membuat luosifen, sup pedas China khas kota Liuzhou. Seperti ini proses masaknya.

Li Ziqi adalah YouTuber China yang terkenal dengan konten kehidupan tradisional di desa. Pemilik lebih dari 16 juta subscribers ini fokus menampilkan kehidupan alami di sebuah wilayah pedesaan di Sichuan.

Sering kali ia membuat hidangan tradisional China dengan langkah-langkah tradisional juga. Seperti yang terlihat baru-baru ini dalam unggahannya di Instagram (22/11/21).

Li Ziqi YouTuber China Kembali Aktif, Pamier Masak Sup Pedas ChinaLi Ziqi YouTuber China Kembali Aktif, Pamier Masak Sup Pedas China Foto: Instagram cnliziqi

Li Ziqi membuat luosifen, sup pedas tradisional China khas kota Liuzhou, Guangxi. Sup ini berisi bihun yang direndam dalam kaldu pedas, kemudian dicampur bahan lokal termasuk rebung, buncis, lobak, kacang tanah, dan kulit tahu.

Di video pertamanya, Li Ziqi memperlihatkan kegiatannya mengambil rebung di hutan bambu. Bermodalkan pisau dan sekop besar, ia berhasil mengumpulkan potongan rebung. Ia juga mengambil jamur-jamur yang tumbuh liar di batang pohon.

Li Ziqi YouTuber China Kembali Aktif, Pamier Masak Sup Pedas ChinaLi Ziqi YouTuber China Kembali Aktif, Pamier Masak Sup Pedas China Foto: Instagram cnliziqi

Sesampainya di rumah, ia membersihkan rebung, mengupas, dan memotong-motongnya. Rebung ini ia rebus sebagai isian sup nantinya. Untuk kaldu supnya memakai siput sungai dan tulang babi selama beberapa jam.

Sambil menunggu kaldu sup matang, ia memetik kacang panjang di kebun dan menaruhnya di wadah keramik. Sisanya, kacang panjang direbus sampai matang dan ada yang dijemur. Semua ini bakal jadi stok makanan Li Ziqi.

Sementara untuk isian luosifen, ia mencampurkan berupa bihun, sayuran hijau, rebung, irisan jamur kuping, dan lobak kering. Tahap terakhirnya adalah menambahkan sejumput kacang goreng, kulit tahu, dah chili oil.

Li Ziqi YouTuber China Kembali Aktif, Pamier Masak Sup Pedas ChinaLi Ziqi YouTuber China Kembali Aktif, Pamier Masak Sup Pedas China Foto: Instagram cnliziqi

Supaya makin enak, Li Ziqi juga menyiapkan berbagai hidangan pendamping seperti tumisan kacang panjang dan aneka acar sayuran dengan bubuk cabai. Ia menikmati makanan ini bersama keluarganya dengan balutan suasana pedesaan yang kental.

Unggahan ini sekaligus menjadi pengobat rindu penggemar Li Ziqi. Pasalnya sudah lebih dari 3 bulan ia tidak aktif mengunggah video. Tak ada yang tahu alasan pastinya. Ada yang bilang karena ia ingin rehat, namun ada pula yang bilang ia tersangkut masalah hukum.

Netizenpun membanjiri unggahan Li Ziqi dengan komentar. "Ada apa dengan akun YouTube-mu? Kami merindukan unggahanmu," kata seorang netizen. Lalu banyak juga yang mempertanyakan apakah Li Ziqi benar-benar dalam kondisi baik atau tidak.



Simak Video "Ajak Mukbang Pekerja Bangunan, YouTuber Tanboy Kun Dipuji Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com